Cegah Kekerasan Seksual, Satgas PPKS UNTAD Gelar Sosialisasi

 

Foto by: Nurhikma, SL/"Sambutan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UNTAD"

SilolangiNews-Palu. Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (SATGAS PPKS) Universitas Tadulako menggelar sosialisasi “Pengenalan Tugas serta Wewenang SATGAS PPKS” secara daring melalui aplikasi zoom meeting pada Sabtu, 10/06/23.


Sosialisasi digelar guna memperkenalkan kepada civitas akademika keberadaan SATGAS PPKS dan memberikan edukasi penanganan serta prosedur pelaporan kekerasan seksual.


Dr. Nudiatulhuda Mangun, S.E., M.Si selaku Ketua SATGAS PPKS Universitas Tadulako mengatakan bahwa dibentuknya SATGAS PPKS di Perguruan Tinggi dilatarbelakangi oleh maraknya kasus kekerasan seksual yang terjadi di lingkungan kampus.


"Kasus-kasus kekerasan seksual ini sebenarnya banyak terjadi dalam lingkungan perguruan tinggi khususnya, tetapi tidak terlaporkan atau korban tidak melapor. Hal ini dikarenakan oleh adanya relasi kuasa, ada stigma atau kekhawatiran daripada pelapor atau korban bahwa manakala mereka akan melapor, maka akan menemukan kesulitan atau kendala atau sanksi-sanksi yang bakal di dapat atau akan kena dampak dan pada akhirnya akan berdampak pada penyelesaian studi. Sehingga ketakutan-ketakutan seperti itu yang banyak kasus yang tidak terlaporkan atau tidak tertangani dengan baik," terangnya.



Lebih lanjut, Dr. Nudiatulhuda Mangun, S.E., M.Si mengatakan bahwa pihaknya juga telah melakukan sosialisasi melalui media sosial, pemasangan spanduk, baliho, flyer, dan banner di beberapa tempat di Universitas Tadulako.


“…kita sudah melakukan sosialisasi lewat media online kemudian pemasangan baliho, spanduk, flyer, banner itu sudah kita tempatkan pada beberapa lembaga-lembaga layanan yang ada dalam lingkungan Universitas Tadulako itu di perpustakaan, pasca, di bank kemudian di rektorat, beberapa fakultas. Di kantin-kantin itu juga sudah kami edarkan,” tambahnya.


Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Ir. Sagaf, MP mengapresiasi dan menyerahkan kepercayaan sepenuhnya kepada SATGAS PPKS dalam menangani kasus kekerasan seksual di lingkungan Universitas Tadulako.


"...Kita serahkan sepenuhnya kepercayaan ini dengan cara yang beretika dan prosedural yang akan dilakukan oleh SATGAS PPKS yang ada di Universitas Tadulako," ujarnya.


Penulis: Azzahra Nabila, SL

Editor: Nurhikma, SL






Cegah Kekerasan Seksual, Satgas PPKS UNTAD Gelar Sosialisasi Cegah Kekerasan Seksual, Satgas PPKS UNTAD Gelar Sosialisasi Reviewed by Silo Langi on 6/10/2023 11:35:00 PM Rating: 5

No comments: