Mahasiswa FKIP Adakan Mimbar Bebas

Foto by: Mohammad Dzikrullah, SL/ "foto salah satu ketua lembaga di FKIP sedang orasi"


SilolangiNews-Palu, Sejumlah mahasiswa dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tadulako mengadakan aksi Mimbar Bebas di depan gedung Pengajaran FKIP, jumat 18/11/2022.



Aksi yang dimotori oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKIP ini mengangkat tagar "#wujudkankeadilandifkip". Mahasiswa yang terdiri dari pengurus lembaga se-tataran FKIP pun saling bergantian untuk berorasi. Dalam orasinya, mahasiswa banyak menyoal tentang tutup buku keuangan FKIP yang ditetapkan pada 4 November lalu, sehingga semua lembaga Kemahasiswaan sudah tak bisa mengambil dana mereka. Padahal, banyak lembaga yang belum mengambil seluruh hak dana mereka.



"...Jadi kami minta bapak ibu yang terhormat di dalam sana (dalam ruangan Pengajaran), kalau bisa beri kami kejelasan perihal tutup buku dana kelembagaan di fakultas ini..." ujar Vino, wakil DPM FKIP saat berorasi.

Selain itu, mahasiswa yang berorasi juga banyak mengomentari masalah pengembalian UKT yang belum tuntas, pelayanan akademik yang tidak bagus, dan kasus kekerasan seksual yang terjadi beberapa waktu lalu.


"...Ada sekitar 300 juta lebih dana kelembagaan yang belum di tarik. Pengembalian ukt yang katanya akan dipulangkan tapi sampai hari ini belum ada dipulangkan, pertanyaannya uang itu dikemanakan? kembali ke persoalan pelayanan, jam kerja saja di persoal, bagaimana dengan kasus pelecehan?..." ucap Ramdan Alfarizi, ketua umum Ikamabastra FKIP dalam orasinya.

Para mahasiswa yang berorasi berharap para pimpinan fakultas dapat menanggapi tuntutan mahasiswa secepatnya.



"...Saya sampaikan kembali untuk ayahanda dan ibunda (pimpinan fakultas) di dalam untuk segera menanggapi dan menindaklanjuti apa tuntutan kita hari ini. Jika tidak ditanggapi dan dilanjuti, saya mohon maaf kembali bahwa pada hari senin kami akan membawa massa paling banyak..." kata Ramdan Alfarizi lagi.



Dalam aksi, nampak juga mahasiswa dari fakultas lain turut hadir dan meramaikan aksi, bahkan salah satu di antara mereka juga berorasi. Selain orasi, ada juga salah satu peserta aksi berpuisi.



Sayang sekali, para pimpinan fakultas tak ada yang keluar menemui mahasiswa. Dikabarkan bahwa Dekan FKIP sedang di luar kota. Hanya ada beberapa staf yang keluar melihat aksi mahasiswa. Para staf juga menanggapi sinis orasi para mahasiswa.



"Percuma kalian bicara dek, tidak ada juga pak dekan" sahut salah satu staf.



Penulis: Andi Ikbal, SL

Mahasiswa FKIP Adakan Mimbar Bebas Mahasiswa FKIP Adakan Mimbar Bebas Reviewed by sfs on 11/18/2022 10:00:00 PM Rating: 5

No comments: