Kuantar ke Gerbang

Ramadhan K.H

SILOLANGINews,PALU-Kisah cinta Ibu Inggit dengan Bung Karno.. Ingatan itu masih tertera jelas.Sosok mungil dengan sekuntum bunga warna merah tersunting di sanggulnya.Hingga bertahun-tahun, sosok itulah yang hidup dalam benak soekarno. Inggit bukan sekadar kekasih. Dalam dirinya, soekarno menemukan kawan sekaligus ibu. 

Di dalam rengkuhan perempuan sederhana itu, dia bertumbuh menjadi seorang pejuang yang tangguh.Mereka melewati beragam peristiwa. Masa-masa pembuangan di Ende dan Bengkulu menjadi saksi ketabahan Inggit. Perempuan yang tak bisa baca tulis ini memompa semangat soekarno dalam caranya sendiri. 

Tiada jemu bibirnya melontarkan kata-kata yang menyejukan hati sang kesatria muda tatkala putus asa menyerang. Tiada lelah pula dia mengingatkan akan mimpi besar yang harus dikejar tatkala kecemasan membayangi. Sungguh inggit menawarkan cinta yang tulus.

Tak  banyak yang menyoroti kisah cinta antara Inggit Garnasih dengan Soekarno. Disusun berdasarkan hasil wawancara dengan ibu Inggit, Ramadhan K.H. menyampaikan sebuah kisah menyentuh. Lewat novel ini, kita akan tahu episode-episode penting dalam hidup Soekarno sebelum masuk ke istana dengan sosok yang selalu melekat disana: Inggit Garnasih

(Riskia.SL)

Kuantar ke Gerbang Kuantar ke Gerbang Reviewed by silo langi on 2/28/2018 05:07:00 PM Rating: 5

No comments: