Festival Budaya Moutong Jilid III, Tampilkan Berbagai Tarian Khas Suku Tialo

"Foto : Dokumen Panitia/ Tarian Mapanca saat Festival Budaya Moutong Ke-2 "

SilolangiNews-Palu, Gelaran Festival Budaya Moutong (FBM) menjadi event paling ditunggu bagi masyarakat Moutong saat ini. Setelah sempat ditunda selama dua tahun terakhir karena pandemi covid-19 kembali hadir untuk ketiga kalinya dalam FBM Jilid III. 


Kecamatan Moutong yang mayoritas penduduk asli bersuku Tialo bermukim sebelah Timur Sulawesi Tengah yang masih dalam cakupan Kabupaten Parigi Moutong menyimpan berbagai kebudayaan  yang patut dilestarikan.



Wahyu Pou selaku Ketua Umum Asosiasi Mahasiswa Kecamatan Moutong  (AMKM) menguturkan Festival Budaya Jilid III ini, membawa tema “Nio Moje” yang dalam bahasa Tialo berarti “ini lagi”. Tujuannya mengingatkan kembali kebudayaan apa saja yang pernah hidup  di Tanah Tialo leluhur terdahulu.
“Torang ini mau ba tekankan bahwa ini lagi, kami pemuda asli kecamatan Moutong mau ba ingatkan ini lagi kebudayaan torang harus terus  diingat”
tuturnya saat di wawancarai via whatsapp, Senin, 29/08/2022.

"Foto by : Dokumen Narasumber/ Ketua Umum AMKM"

Festival yang berkepanitian seluruh organisasai kepemudaan se-Kecamatan Moutong  ini nantinya akan menampilkan berbagai pertunjukan diantaranya Tarian Mapanca, Seni Bela Diri Mogege, Tarian Penyambutan Tamu dan penampilan tarian dari siswa sekolah lainnya.


“Nanti pas kegiatannya itu, ada tarian penyambutan tamu. Tarian Penyambutan Tamu Ini, sudah mulai dilupakan juga. Bukan sudah tidak ada orang tau, tapi sudah tidak dipake lagi kalau ada orang penting datang. Hanya beberapa tokoh masyarakat saja menggunakan atau hanya di pesta-pesta jadi kami ingin ba tampilkan itu lagi” tambahnya. Rencananya FBM jilid III ini akan di gelar Bulan September mendatang.


Mughni Mayah_SL

Festival Budaya Moutong Jilid III, Tampilkan Berbagai Tarian Khas Suku Tialo Festival Budaya Moutong Jilid III, Tampilkan Berbagai Tarian Khas Suku Tialo Reviewed by sfs on 8/29/2022 09:44:00 PM Rating: 5

No comments: