Orasi Ketua-Ketua Lembaga Warnai PKKMB Hari Ke-2

Foto by: Rahmawati, SL/ "Peserta menerima seleberan berisi tuntutan saat PKKMB 2022"


SilolangiNews-Palu, Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PPKMB) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako hari ini, Rabu 25/08/22 dilanjutkan dengan agenda pengenalan lembaga-lembaga yang ada di lingkungan fakultas.


Kegiatan yang bertempat di depan Panggung Ekspresi FKIP UNTAD ini di warnai dengan orasi, berisikan tuntutan ketua-ketua lembaga yang di tujukan kepada pihak birokrasi Fakultas maupun Universitas. Salah satu ketua lembaga FKIP, Moh. Haris menyampaikan bahwa ada tiga tuntutan mereka.


Yang pertama, kami meminta Dekan FKIP mengevaluasi kinerja kasubag akademik dengan adanya upaya mempersulit proses penyelesaian studi bagi mahasiswa. Yang kedua, mendesak Dekan FKIP untuk meringankan UKT mahasiswa prasejahtera dengan proses yang tidak mempersulit mahasiswa. Meminta Dekan FKIP untuk mendesak Rektor agar memperpanjang proses pembayaran uang kuliah tunggal mahasiswa”, ucap Haris selaku ketua HIMAPTIKA. 


Wakil ketua HIMA-PJKR, Moh. Fadil Tri Santoso saat diwawancarai mengatakan bahwa aksi orasi tersebut berdasarkan pada keluhan-keluhan mahasiswa FKIP.


“Itu murni atas tergeraknya hati nurani kami karena beberapa masyarakat FKIP mempunyai keluhan yang sama. Itu keluhannya di tiap-tiap prodi muncul...kami kira yang punya keluhan itu di PJKR saja, ternyata di tiap-tiap prodi itu banyak juga dengan keluhuan yang sama terutama tentang mahasiswa-mahasiswa baru yang mulai angkatan dari 2020 sampai dengan 2021” ujarnya.


Sementara itu, ketua BEM FKIP Universitas Tadulako Mulky Satria Kamal mengungkapkan momen  orasi tersebut spontan oleh ketua-ketua lembaga dan menjadi wadah untuk bersuara dan berekspresi.


“Itukan spontanitas teman-teman lembaga, karena memang sebelum-sebelumnya pernah memang ketua-ketua dibenturkan ke sana toh (isu yang dituntut). Ada sempat point-point tadi dijabarkan itu memang spontanitas. Terus kan memang point utamanya sebenarnya tadi itu lebih ba semangati mahasiswa baru dan teman-teman lembaga juga. Jadi sebenarnya memang wadah juga toh wadahnya ketua-ketua lembaga ba suarakan hal-hal yang mungkin berapa kali ini tidak atau jarang tersampaikan”, katanya.


Penulis: Andi Ikbal, SL


Orasi Ketua-Ketua Lembaga Warnai PKKMB Hari Ke-2  Orasi Ketua-Ketua Lembaga Warnai PKKMB Hari Ke-2 Reviewed by sfs on 8/26/2022 12:29:00 AM Rating: 5

No comments: