Buruan Mendaftar! Jepang Tawarkan Beasiswa Untuk S1 dan SMA Sederajat


 
(Sumber: BAKP.PETRA.Ac.id)
SILOLANGINews, JEPANG-Kedutaan Besar Jepang membuka penawaran beasiswa kepada lulusan strata 1 dan lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat untuk melanjutkan pendidikan di Universitas di Jepang.

Sebagaimana yang dilansir Beritasatu.com, Beasiswa ini sebagai research students (S2/S3) pada tahun akademik 2019 (tahun ajaran baru per April 2019/per Oktober 2019) dalam program Beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho). Pendaftar beasiswa ini harus memiliki nilai TOEIC minimal 820/ nilai Japanese Language Proficiency Test (JLPT) minimal level 2/N2.

Adapun untuk lulusan Strata 1 sendiri, persyaratan pendaftar beasiswa adalah berkewarganegaraan Indonesia dan lahir setelah tanggal 2 April 1984. Pendaftar harus memiliki IPK dari Universitas jenjang pendidikan terakhir minimum 3,2 dan memilii nilai TOEFL minimum 570/ TOEFL-IBT minimal 80/ IELTS minimal 6,5.

Sedangkan untuk SMA sederajat, syarat-syarat pendaftar beasiswa ini adalah warga negara Indonesia, lulusan SMA, SMK atau sederajat. Pendaftar dilahirkan antara tanggal 2 April 1994 sampai dengan tanggal 1 April 2002. Pelamar memiliki nilai minimal rata-rata Ujian Nasional.

Selain tiket pulang pergi, uang masuk universitas, uang kuliah, bahkan para mahasiswa/mahasiswi akan menerima uang setiap bulannya untuk kehidupan sehari-hari yang dibiayai dengan Beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) ini.

Registrasi Online dan Formulir pendaftaran dapat diperoleh pada website Kedutaan Besar Jepang (http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_rs2019.html). Dokumen lamaran harus diserahkan kembali kepada Kedutaan Besar Jepang sebelum tanggal 8Mei 2018, secara langsung atau dikirim melalui pos (paling lambat 8 Mei 2018 dokumen sudah harus diterima).

Sementara untuk siswa-siswi Indonesia lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat, pendaftar dapat melanjutkan pendidikan ke Universitas/GAKUBU, College of Technology/KOSEN, atau Speciallized Training College/SENSHU di Jepang untuk tahun akademik 2019 (April 2019) mendatang. Pendaftar hanya bisa mendaftar salah satu program saja.

Penerima beasiswa akan belajar di preparatory school (sekolah persiapan masuk universitas) sebelum masuk universitas pada tahun pertama kedatangannya di Jepang. Di preparatory school, penerima beasiswa akan belajar tentang Negara Jepang, Bahasa Jepang, Bahasa Inggris, Matematika, IlmuPengetahuanSosial (bagi jurusan IPS), dan Ilmu Pengetahuan Alam (bagi jurusan IPA).

Selain itu, fasilitas yang akan didapat dari beasiswa ini antara lain: biaya kuliah ditanggung sepenuhnya, tunjangan hidup sebesar kurang lebih 117.000 Yen/bulan, tiket pesawat pergi dan pulang Indonesia – Jepang, dan bebas biaya pengurusan visa pelajar. Beasiswa ini diberikan tanpa ikatan dinas.

Ada 84 untuk program GAKUBU, 80 untuk program KOSEN (hanya terbuka untuk SMA/SMK Jurusan IPA saja), 80 untuk program SENSHU. Untuk prosedur pendaftaran dan informasi lebih rinci, bisamembaca di website Kedutaan Besar Jepang Program GAKUBU http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_gakubu2019.html

 (ASN.SL)

Buruan Mendaftar! Jepang Tawarkan Beasiswa Untuk S1 dan SMA Sederajat Buruan Mendaftar! Jepang Tawarkan Beasiswa Untuk S1 dan SMA Sederajat Reviewed by Silo Langi on 5/01/2018 11:00:00 AM Rating: 5

No comments: