Cinta Semanis Racun




Judul                   : Cinta Semanis Racun ( 99 Cerpen dari 9 penjuru dunia)
Penerjemah           : Anton Kurnia
Tebal                    : 632 hlm
Penerbit                : DIVA press
Cetakan                : Pertama, Agustus 2016
ISBN                     : 978-602-391-182-0



Cinta itu racun. Racun yang manis memang. Tapi tetap saja bakal membunuhmu.
-      George R.R Martin

Antologi ini memuat 99 cerpen terjemahan karya 99 pengarang terkemuka dari berbagai penjuru dunia dan zamn, dari sastrawan klasik semacam leo tolstoy hingga pengarang masa kini berusia awal 40-an  serupa liliana blum. Lebih dari dua per tiganya, tepatnya 74 di antara 99 cerpen, pernah dipublikasikan sebelumnya di 20 Media cetak nasional dan daerah.

Dalam antologi ini, kita bisa membaca pula jejak pencapaian para pengarang terkemuka di berbagai belahan dunia dan zaman. Dari para empu Eropa seperti Anton Chekov, Fyodor Dostoyevsky, Emile Zola, James Joyce, dan Franz Kafka hingga para maestro Amerika Latin semacam Jorge Luis Borges, Jorge Cortazar, Carlos Fuentes, Isabel Allende dan Roberto Bolano. Tak ketinggalan juga para kampiun Nobel sastra serupa Gabriel Garcia Marques, Octavio Paz, Nadine Gordimer, Gao Xingjian, dan Mo Yan. Suara-suara utama masa kini dalam pentas sastra dunia antara lain diwakili oleh Horacio Castellanos Moya (Pengarang Honduras yang disebut-sebut World Literature Today layak meraih Nobel sastra), Etgar Keret (Penulis Israel yang menarik perhatian dunia), dan Haruki Murakami (Novelis Laris yang berkali-kali menjadi kandidat pemenang Nobel sastra).

Cerpen-cerpen di dalam buku ini bisa dibilang amat beragam. Tema yang diangkat sangat meluas, mulai dari Politik hingga kisah cinta sepasang manusia. 

Membaca buku ini kita ibarat berjalan-jalan keliling dunia, menyaksikan kisah beragam umat manusia yang ternyata begitu pelik dan belum kita pernah pikirkan sebelumnya.


Gimana? Sekilas menarik bukan isi dalam buku ini. Untuk teman-teman yang tertarik ingin membaca buku ini; khususnya teman-teman yang kuliah di Universitas Tadulako; silahkan langsung datang ke Pustaka Merah Biru “LPM Silo Langi”, di Sekber baru FKIP untuk peminjaman lebih lanjut. Atau teman-teman ingin memiliki buku ini, bisa langsung membelinya di toko-toko buku terdekat.

(A.P_SL)
-       

Cinta Semanis Racun Cinta Semanis Racun Reviewed by silo langi on 5/27/2017 12:32:00 PM Rating: 5

No comments: