Intip yuk, Tips Keren Menghadapi Ujian


Persiapan sebelum ujian
SILOLANGI News, PALU- Ekspresi mahasiswa jadi suram menjelang minggu ujian akhir semester. Nggak percaya? Lihat saja kepanikan teman-temanmu kalau menjelang UAS, dan tentu saja, perhatikan tempat fotokopian yang bakal penuh mahasiswa fotokopi catatan temannya.

Berikut ini merupakan tips-tips untuk menghadapi ujian akhir semester,  yang bisa membuat perbedaan besar dalam hasil ujianmu.
1.Hitung waktu mundur
Banyak mahasiswa ketika mulai memikirkan tentang persiapan sebelum ujian melihat tanggal mulainya ujian, kemudian menghitung waktu mundur.

2.Tetapkan beberapa komitmen
Kamu bakal nyadar bahwa akan sangat lebih mudah belajar jika meluangkan waktu ekstra untuk belajar. Tunda dulu hal-hal atau sosialisasi yang nggak penting ataupun momen bersama  keluarga. Meski hanya beberapa jam, waktu ekstra yang kamu luangkan secara strategis untuk belajar akan membuat perbedaan antara mengerjakan dengan apa adanya saat ujian dan mengerjakan dengan sangat baik.

3.Bagi waktu belajarmu
Beberapa mahasiswa berpikir mereka harus menggunakan waktu dengan seimbang untuk mempersiapkan setiap mata kuliah yang bakal diujikan. Sebaliknya, bagilah proporsi waktu belajarmu tergantung pada mata kuliah yang mana yang cenderung lebih sulit untukmu, dan mata kuliah mana yang sudah kamu pahami dengan baik. Luangkan waktu lebih untuk mata kuliah yang menurutmu sulit.

4.Cari tahu apa saja yang bakal diujikan
Salah satu hal  penting yang perlu diperjelas adalah materi yang mana saja bakal diujiankan.
Mengetahui sejauh dan batas mana materi ujian yang akan diujikan, tentunya akan mempermudah untuk mengorganisir dan menyusun strategi belajar.

5.Ketahui tipe soal dosen
Sebelum mulai belajar, pastikan tahu tipe-tipe soal yang biasanya diujikan oleh dosen.

6.Pelajari soal tahun lalu atau yang sering muncul saat di kelas
Kebanyakan perguruan tinggi,  memiliki banyak sumber yang tersedia dan dapat memberi informasi tentang pertanyaan yang akan muncul di ujian akhir. Terkadang, dosen atau asisten dosen akan secara sederhana memberikan petunjuk kecil tentang pertanyaan  yang baik diujikan di ujian akhir nanti.

Tapi di lain waktu, ternyata pertanyaan tersebut ada di tempat terbuka. Panduan pembelajaran,  dan contoh soal tahun sebelumnya, bisa kamu diperoleh  dari senior, atau serangkaian rangkuman pertanyaan yang dibahas di kelas, bisa jadi akan mirip banget sama yang diujikan ketika ujian akhir.

7.Belajarlah dengan berkelompok hanya jika menurutmu itu perlu
Banyak mahasiswa mengira bahwa sebuah kelompok belajar selalu memiliki banyak manfaat yaitu lebih banyak otak cerdas, ditambah teman-teman yang bisa menjelaskan isi textbook. Hal ini cukup efektif,  jika  teman belajar cukup  cerdas.

8.Review kuliah dengan dosen atau asisten dosen (asdos)
Salah satu  sumber informasi terbaik dan seringkali diperoleh di perguruan tinggi adalah sesi review. Di sesi ini, dosen atau terkadang asdos akan memberi gambaran tentang ujian akhir.

Beliau-beliau ini tentu saja kemungkinan akan menjumlahkan poin tinggi dalam mata kuliahnya, memberikan contoh pertanyaan dan permasalahan, memberikan tips belajar, atau kadang cuma bercerita atau menjelaskan secara singkat materi secara relevan dalam kuliahnya yang akan diujikan. Sesi review inilah bantuan terbesar dalam belajar untuk menghadapi ujian akhir.

9.Bawa buku catatan kuliahmu saat ujian akhir (jika diperbolehkan)
The power of open book, Ini semacam surga dunia bagi mahasiswa, yaitu ketika pengawas mengatakan ujian tersebut adalah ujian terbuka. Ketimbang soal-soal yang penuh tipu muslihat, dosen yang memberikan sistem ujian jenis ini,  ingin melihat sebaik apa kamu bisa mengekspresikan ide-idemu dan mengingat data.

Jadi mulai sekarang, rajinlah mencatat saat kuliah. Pastikan catatanmu berada dalam kondisi prima jika kesempatan ujian open book ini tiba-tiba muncul di ujian akhir.

10.Baca instruksi dan buatlah sebuah rencana
Ketika hari ujian telah tiba dan telah  mendapatkan lembaran ujian, periksalah format ujiannya dengan hati-hati. buatlah rencana (tentatif) sebelum  mengerjakan, berapa banyak waktu yang kamu perlukan untuk mengerjakan tiap-tiap soalnya. Kerjakan yang mudah terlebih dulu.

11.Tips Bintang 4
Jangan habiskan terlalu banyak waktu untuk menguraikan jawaban. Tulis rumus yang sudah dihafal, atau (kalau ada pilihan ganda) mulai sebuah pertanyaan, kalau sulit lewati dulu, pindah ke pertanyaan lain. Nilailah  berdasarkan kualitas jawabanmu, bukan catatan atau kesalahan kapan saat mulai menjawab pertanyaan.

12.Pastikan untuk mengembangkan jawaban sepenuhnya
Banyak mahasiswa tidak menyadari bahwa pada ujian esai, bagian yang paling dinilai adalah sebaik mana kamu mengembangkan dan menjelaskan jawabanmu, bukan cuma sebenar apa jawaban itu.
Pertimbangkan untuk menjelaskan poin-poin secara lebih detail, sehingga orang lain yang tidak familiar dengan jawabanmu bisa mengerti hanya dari apa yang kamu jawabannya.

13.Permudahlah penilai ujian
Dalam  mata kuliah, dosen atau orang lain yang bagian mengoreksi dan memberi nilai akan punya sekitar 70 kertas ujian untuk dibaca dalam waktu 2 atau 3  hari, yang mana sekitar 10 hingga 15 menit tiap kertas. Kamu akan lebih mudah mendapat nilai yang baik jika kamu memperjelas pertanyaan yang kamu jawab.

14.Organisir waktu ujian
2 atau 3 jam adalah waktu yang lama.  bayangkan  jika ujian akhir adalah waktu kerja, bagilah ke dalam sejumlah sub-sesi. Ambil beberapa menit istirahat sejenak antara setiap pertanyaan atau beberapa bagian pertanyaan.

15. Jangan panik terlalu cepat
Dalam waktu  3 jam, dihadapkan dengan sejumlah pertanyaan dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda, akan menjadi semacam pasang surut. Entah kamu setelah itu merasa lebih baik, atau lebih buruk tentang bagaimana ujianmu berlangsung.

Abaikan perasaan seperti itu, atau gampangnya kalau ujian sudah selesai, nggak usah repot membahasnya lagi. Kebanyakan tes dirancang untuk memiliki beberapa pertanyaan sulit, dan dalam beberapa hal, evaluasi diri sendiri yang seperti itu seringkali salah.

16.Tetaplah tinggal sampai waktu ujian habis
kadang kelihatan kecewa kalau ujian sudah selesai lebih dulu daripada temen-temen yang lainnya, dan tidak sedikit mahasiswa yang meninggalkan ruang ujian sebelum ujian berakhir karena sudah selesai duluan.

 Sebenarnya, hal tersebut sama sekali bukanlah hal yang baik untuk dilakukan, karena selalu ada masalah-masalah yang harus berulang kali diperiksa atau esai yang bisa ditambahkan atau dibuktikan.

Meskipun membuat koreksi kecil di jawaban, atau menambahkan poin tambahan ke dalam esai (jangan takut membuat paragraf dibatas margin atau di pojokan atas atau bawah halaman), bisa membuat perbedaan antara nilai yang baik dan tidak terlalu baik.

(NABILA.SL)

Intip yuk, Tips Keren Menghadapi Ujian Intip yuk, Tips Keren Menghadapi Ujian Reviewed by silo langi on 3/23/2017 11:14:00 PM Rating: 5

No comments: