Ternyata, Robot akan Segera Gantikan Sejumlah Polisi di Dubai


FOTO: METROTV/LUFTHI ANGGRAENI, Kepolisian Dubai akan memanfaatkan polisi robot sebagai pengganti polisi manusia pada Mei mendatang, Kamis (23 Mar 2017).
SILOLANGI News, PALU- Fiksi yang disuguhkan dalam  film buatan Amerika Serikat soal masa depan polisi manusia yang digantikan oleh robot, seperti yang tersaji dalam film Robocop, kini bukan sekadar fiksi.
Kepolisian Dubai mengonfirmasi klaim yang menyebut petugas kepolisian robot pertama di dunia akan berpatroli di negara terkaya di wilayah Uni Emirat Arab tersebut.
Seperti yang dilaporkan Telegraph,  masyarakat akan dapat melaporkan kejahatan pada robot berkemampuan multi bahasa ini melalui layar sentuh yang tersemat di dadanya.

Robot ramah ini juga dibekali dengan kemampuan untuk menjabat tangan dan memberi hormat kepada lawan bicaranya, serta dapat dimanfaatkan masyarakat untuk membayarkan denda lalu lintas dan mengirimkan dokumen terkait dengan pihak hukum.

Robot yang dipamerkan pada Gulf Information Technology Exhibition tahun lalu dalam versi prototipe ini direncanakan  untuk mendukung satuan kepolisian Dubai sebanyak 25 persen dari total keseluruhan anggotanya, pada tahun 2030 mendatang.

Kehadiran robot polisi tersebut merupakan bagian dari rencana yang dicanangkan Kepolisian Dubai,  untuk menjadikan institusinya lebih cerdas dengan bantuan dan dukungan dari teknologi. Selain itu, Kepolisian Dubai juga berencana untuk menghadirkan stasiun polisi pertama dengan personil robot secara keseluruhan.

Pengembangan dan rencana pengaplikasian robot pada wilayah pekerjaan manusia tidak hanya dicanangkan oleh Kepolisian Dubai, namun juga di sejumlah kota di negara lainnya. Minat kepada robot tersebut juga diperlihatkan oleh salah satu produsen robot Boston Dynamics, yang kembali memamerkan robot terbarunya, bernama Handle.

Tidak hanya Boston Dynamics, perusahaan elektronik Omron turut mencoba peruntungan di ranah robot ini melalui robot mobile industri pertamanya, yaitu Mobile Robot LD Series. Seri robot mobile bagian dari keluarga Autonomous Intelligent Vehicles (AIV) ini bertugas sebagai sarana transportasi barang jarak pendek.

(Riska.SL)

Ternyata, Robot akan Segera Gantikan Sejumlah Polisi di Dubai Ternyata, Robot akan Segera Gantikan Sejumlah Polisi di Dubai Reviewed by silo langi on 3/23/2017 08:52:00 PM Rating: 5

No comments: