Memilih Organisasi Yang Tepat di Kampus

 

cara memilih organisasi

SILOLANGI News, PALU-Memilih organisasi yang tepat merupakan hal yang sangat penting, dan dalam memilih organisasi tersebut ada beberapa hal  yang perlu diperhatikan karna disetiap kampus memiliki berbagai macam organisasi dan komunitas, dan juga antara kampus satu dan kampus lain mempunya organisasi dan komunitas yang berbeda-beda.

Meskipun demikian ada beberapa organisasi yang umunya ada pada setiap kampus seperti senat, bem dan lain sebagainya, dan anda harus mempunyai alasan yang tepat terhadap organisasi yang pilih.

Namun sebagai mahasiswa yang aktif tentu tidak semua organisasi itu harus diikuti karena hanya akan menggangu perkulihan. Diantara banyak organisasi pilihlah satu atau dua organisasi yang benar – benar kamu ikuti dan berkompeten di dlamanya.

Disini kita akan membahas tentang organisasi apa yang harus kita ikuti sehingga tidak menimbulkan penyesalan dikemudian hari. Untuk itu pilihlah organisasi yang sesuai dengan kriteria di bawah ini.

1. sesuai dengan kemampuan yang kamu dimiliki
sebelum memasuki sebuah organisasi atau komunitas kita harus mepertimbangkan terlebih dahulu terhadap skill apa yang kita miliki, memang setiap organisasi ada yang namanya pengkaderan yang mana untuk mahasiswa yang baru bergabung  akan ditraining terlebih dahulu, namun ada baiknya jika kita memiliki skill dan organisasi yang kita ikuti tersebut menunjang untuk mengembangkan kemampuan yang kita miliki dari pada kita harus belajar sesuatu yang baru yang belum tentu kita sukai pada akhirnya.

2. Pilihlah organisasi berdasarkan hobi
Memilih organisasi berdasarkan hobbi merupakan sebuah pilihan yang tepat, karena walaupun kita tidak berbakat disuatu bidang namun itu menjadi sebuah hobbi kita maka kita akan menjalaninya dengan rasa senang dan tanpa paksaan sehingga kita tidak mudah berputus asa terhadap apa yang kita jalani sehingga kita bisa lebih enjoy dalam berorganisasi.

3. memilih organisasi yang bermamfaat
Salah satu yang menjadi patokan untuk menentukan organisasi apa yang harus kita pilih adalah organisasi tersebut harus memberi kita mamfaat. Memang setiap organisasi tersebut pasti ada maamfaatnya tersendiri namun yang dimaksud adalah organisasi yang dapat membangun kreativitas dan kemampuan yang kita miliki karena tidak semua organisasi dapat mengembangkan kemampuan setiap orang.

4. Ikuti organisasi yang menunjang materi perkuliahan
Ini menjadi point terpenting dalam memilih organisasi yaitu kita harus mengikuti organisasi yang menunjang untuk materi perkuliahan, contoh sederhananya yaitu seorang anak IT  sebaiknya bergabung dengan organisasi yang berhubungan dengan IT.

Memang tiada masalah jika seorang anak IT gabung di organisasi kesenian, olahraga dan lain sebagainya yang tidak ada kaitanya dengan IT, namun akan lebih baik lagi jika menjalani organisasi yang sesuai dengan perkuliahan kita sehingga apa yang kita dapat di kelas dapat kita kembangkan di organisasi dan begitu juga sebaliknya

Selamat memimilih organisasi yang ingin kamu masuki yaahh, dan ingat jangan sampai organisasi yang kamu pilih malah menggangu perkuliahanmu, berorganisasi boleh-boleh saja asal kuliah jangan sampai terbengkelai yaaahh

(NABILA S.L)

Memilih Organisasi Yang Tepat di Kampus Memilih Organisasi Yang Tepat di Kampus Reviewed by silo langi on 3/23/2017 06:09:00 PM Rating: 5

No comments: