Mengangkat Tema 'Se-FKIP Berkreasi dalam Seni', Lembaga Kesenian Tirani Gelar Pentas Seni

Foto by: Aulia, SL/"Penampilan Teater oleh LK Tirani"


SilolangiNews-Palu. Sesuai dengan namanya, Lembaga Kesenian (LK) Tirani adalah lembaga yang bergerak di bidang kesenian. LK Tirani yang berada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tadulako (UNTAD) terus mengadakan kegiatan-kegiatan atau event kesenian. Salah satunya adalah kegiatan yang baru saja selesai mereka gelar di Lapangan Hijau FKIP UNTAD pada Jumat (15/09/2023).


Kegiatan tersebut adalah Pentas Seni (PENSI). PENSI ini merupakan salah satu program LK Tirani pada tahun ini. Narasi "Se-FKIP Berkreasi dalam Seni", menjadi tema pada acara tersebut. Sesuai temanya, pada kegiatan ini bukan hanya para anggota LK Tirani yang tampil, tetapi turut terlibat pula tujuh Hima Prodi di FKIP yang memberikan penampilannya.


Tujuan kegiatan pentas seni ini adalah untuk menghubungkan tali silaturahmi antar seluruh lembaga di FKIP UNTAD. Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum LK Tirani, Nuraeni dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan PENSI tersebut.


"Tujuan pentas seni FKIP ini yaitu untuk menghubungkan tali silaturahmi seluruh lembaga FKIP di Universitas Tadulako," ujarnya.


Adapun performa kesenian yang ditampilkan pada PENSI ini diantaranya, penampilan teater, musik, musikalisasi puisi, tari, hingga seni rupa. Seluruh penampilan itu dibawakan oleh perwakilan beberapa himpunan yang berada di lingkungan FKIP. Mereka menampilkan musik yang sedang trend ataupun musik khas suatu daerah, tarian kreasi, dan tarian dari daerah tertentu. Sementara untuk LK Tirani, mereka menampilkan karya yang mereka ciptakan sendiri.


Haliadi, S.S., M.Hum., Ph.D yang merupakan dosen Pendidikan Sejarah FKIP dan juga pembina LK Tirani, membuka secara resmi kegiatan ini. Dalam sambutannya, Ia mengatakan bahwa tema yang diangkat tahun ini memiliki makna yang mendalam, karena tetap menjunjung tinggi nilai-nilai keguruan yang sesuai dengan bidang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan itu sendiri.


"Dengan tema ini tentunya luar biasa mendalam, sesuai dengan bidang kita FKIP. Seperti apapun kita berkesenian, tetap nilai-nilai keguruan itu tetap kita junjung tinggi," ungkapnya pada saat memberikan sambutan.


Penulis: Azzahra Nabila, SL

Editor: Andi Ikbal, SL

Mengangkat Tema 'Se-FKIP Berkreasi dalam Seni', Lembaga Kesenian Tirani Gelar Pentas Seni Mengangkat Tema 'Se-FKIP Berkreasi dalam Seni', Lembaga Kesenian Tirani Gelar Pentas Seni Reviewed by Silo Langi on 9/16/2023 04:49:00 PM Rating: 5

No comments: