Alumni Untad Ini Kembangkan Alat Pembersih Tangan Aman & Murah



Mohammat Ari Ansar dan alat rancangannya (Sumber Foto:  Mughni Mayah)
SILOLANGINews, Palu - Berbagai inovasi dilakukan oleh berbagai pihak untuk memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease  2019 (Covid-19) yang menjadi pandemi paling menakutkan dunia saat ini. Hal ini pula yang dilakukan oleh Mohammat Ari Ansar  (Aan) pria asal Moutong, Sulawesi tengah, mencoba memproduksi alat pencuci tangan yang aman dan murah di beri nama SAMTA.
SAMTA adalah produk pencuci  tangan  yang bekerja  membersihkan tanpa bersentuhan langsung dengan botol  antiseptik. Tujuannya agar saat mengambil cairan antiseptik atau  sabun tidak lagi bergantian menyentuh dengan tangan bagian  tutup  botol antiseptik. Sebab, fungsi menekan semprotan di  alihkan   menggunakan  pijakan kaki yang biasanya memakai alas  kaki sendal dan sepatu.

Bahan  yang digunakan untuk memproduksi SAMTA tergolong  mudah & murah dimana hanya menggunakan Pipa sebagai bahan   utama.

          Mahasiswa alumni pasca sarjana Universitas Tadulako, Palu  ini mengungkapkan saat ini penggunaan SAMTA belum di fungsikan utuh sebagai pembersih tangan. Butuh beberapa alat seperti wastafel untuk membilas. Ia juga menambahkan bahwa SAMTA bisa dilengkapi alat Arduino Uno dengan sensor jarak yang secara otomatis medeteksi  keberadaan objek hingga 1 meter.  Ini penting untuk menerapkan social distancing. Meski membutuhkan pengembangan lebih lanjut, alat ini di perkirakan mampu mengurangi  resiko rantai penyebaran Covid-19.

 Aan berharap alat ini dapat menjadi perhatian Pemerintah Daerah   agar diproduksi lebih banyak untuk masyarakat.  Dengan alat ini   saya harap Pemerintah Desa bersedia membiayai agar semua     orang lebih aman dalam mencegah tertularnya Corona”. Tuturnya,   saat di wawancarai via WhatsApp Minggu (03/05/2020).
Moon S.L









         


         



Alumni Untad Ini Kembangkan Alat Pembersih Tangan Aman & Murah Alumni Untad Ini Kembangkan Alat Pembersih Tangan Aman & Murah Reviewed by sfs on 5/03/2020 07:19:00 AM Rating: 5

2 comments: