Panitia ESC 2018 Sukses Adakan Lomba Debat Tingkat Prodi Pendidikan Bahasa Inggris


 
Lomba Debat ESC diruang belajar FKIP 3 B Universitas Tadulako, Sumber: Dok. Rabiah.SL


SILOLANGINews, PALU-Debat adalah proses komunikasi lisan yang dinyatakan untuk mempertahankan pendapat. Setiap pihak yang berdebat akan menyatakan argumen, memberikan alasan dengan cara tertentu agar pihak lawan debat atau pihak lain yang mendengarkan perdebatan itu menjadi yakin dan berpihak padanya.

Minggu, 29 April 2018 panitia ESC Himabris (Himpunan mahasiswa Bahasa Inggris) telah melaksanakan lomba debat. Lomba debat bertempat di ruangan FKIP 3B sekitar pukul 10.30 WITA dengan tema "Pendidikan" yang diikuti oleh beberapa perwakilan dari angkatan 2015, 2016 dan 2017.


Lomba debat tingkat prodi pendidikan Bahasa Inggris ini sendiri diikuti oleh empat tim dalam tiga babak. Satu tim dari angkatan 2015, 1 tim dari angkatan 2016, dan 2 tim dari angkatan 2017. Dalam debat tersebut terdiri dari tiga motion. Berhubung prodi pendidikan Bahasa Inggris berada di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jadi ketiga motion tersebut lebih fokus ke pokok-pokok permasalahan dalam dunia keguruan dan perkembangan ilmu pendidikan.

"Saya menentukan motion yang erat kaitannya dengan keguruan dan ilmu pendidikan karena telah kita ketahui bersama, sekarang cukup banyak orang yang berprofesi sebagai Guru tapi bukan berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan. Saya harap peserta debat mampu mengkaji banyak hal seputar apa saja solusi dari masalah-masalah yang sering terjadi dalam dunia pendidikan khususnya peran Guru". Kata Rismayani Rusdin selaku juri dalam lomba debat tersebut.

Ini adalah topik yang cukup menarik untuk diperdebatkan. Terbukti dari antusias salah satu peserta saat lomba sedang berlangsung. 

"Menurut saya motionnya cukup menarik, karena dalam motion ini kita dituntut untuk berpikir lebih luas. Bahwa sebenarnya pendidikan dilingkungan keluarga juga tidak kalah pentingnya dengan pendidikan di Sekolah tanpa harus mengurangi peran Guru". Kata Daniel, salah satu peserta debat ESC yang kami wawancarai seusai lomba.

Panitia ESC (English Students Competition) dan seluruh masyarakat Himabris yang ikut berperan dalam kegiatan ini berharap, agar lomba debat tersebut dapat meningkatkan kemampuan masyarakat prodi pendidikan Bahasa Inggris dalam mengemukakan pendapatnya.

Selain itu, melalui lomba debat ini peserta diharapkan mampu meningkatkan keterampilannya dalam berbahasa Inggris.

"Saya harap melalui lomba ini mahasiswa-mahasiswi Bahasa Inggris dapat mengembangkan bakatnya dalam debat berbahasa Inggris. Karena prodi Pendidikan Bahasa Inggris adalah prodi yang paling disorot oleh pihak Universitas untuk mewakili lomba-lomba debat lainnya ditingkat Regional maupun Nasional". Tambah Rismayani Rusdin selaku juri dalam lomba tersebut.



(Diari, Rada, Sela V.SL)

Panitia ESC 2018 Sukses Adakan Lomba Debat Tingkat Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Panitia ESC 2018 Sukses Adakan Lomba Debat Tingkat Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Reviewed by silo langi on 4/30/2018 10:37:00 PM Rating: 5

No comments: