Wisatawan Pantai Diimbau Waspada Ubur-Ubur

 FOTO:Ahmad Mustaqim,wisatawan pantai diimbau waspada ubur-ubur
SILOLANGI News, GUNUNG KIDUL-Wisatawan yang hendak berwisata di pantai selatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diimbau mewaspadai ubur-ubur. Juli hingga Agustus diperkirakan menjadi siklus munculnya ubur-ubur di pinggir pantai.


"Nelayan yang melaut sudah melihat banyak ubur-ubur. Jumlahnya tentu sangat banyak, sampai puluhan ribu," kata Koordinator Search and Rescue (SAR) Satlinmas Wilayah II Gunung kidul Marjono, Jumat 28 Juli 2017.

Marjono menjelaskan, ubur-ubur telah muncul di sejumlah pantai di pesisir selatan Kabupaten Gunung kidul. Menurutnya, ubur-ubur tersebut sangat menarik wisatawan, khususnya anak-anak, karena berwarna biru.

Namun, ubur-ubur bisa menyebabkan pingsan jika disentuh. Marjono mengaku, bakal melakukan antisipasi dengan membersihkan area pinggir pantai dan mengubur hewan tersebut.

"Di Gunung kidul, hanya Pantai Baron yang tidak disinggahi ubur-ubur. Sebab, ada air tawar di sekitar Pantai Baron," ujarnya.

Marjono mengingatkan, jika ada yang trelanjut menyentuh ubur-ubur, segera menghubungi SAR. Pihaknya telah menyiapkan pengobatan dengan amoniak dan air hangat guna membasuh luka.

Menurut Marjono, pengobatan yang disiapkan tim SAR mampu mengurangi rasa sakit. "Tentu kami harap tidak terjadi hal-hal yang merugikan wisatawan," ungkapnya.Dilansir dari Metrotvnews

(Riska.SL)

Wisatawan Pantai Diimbau Waspada Ubur-Ubur  Wisatawan Pantai Diimbau Waspada Ubur-Ubur Reviewed by silo langi on 7/28/2017 12:01:00 PM Rating: 5

No comments: