Sang Pemula


Sinopsis
Penulis : Pramoedya Ananta Tour



Sang pemula merupakan sebuah dokumen sosial tentang seorang perintis utama kebangkitan nasional Indonesia, orang yang dilupakan dan terlupakan. Para ilmuan dapat saja membuat kesalahan, namun akan parah akibatnya apabila kesalahan itu memang disengaja dan kemudian untuk seterusnya kesalahan itu menjadi referensi yang baku dalam penulisan sejarah.

Pramoedya Ananta Tour mengungkapkan bahwa C.Snouck Hurgronce, G.A.J Hazeu dan D.A Rinkes adalah ilmuan-ilmuan Belanda pengabdi politikkolonial yang telah membuat kesengajaan demikian, isehingga seorang inisiator kebangkitan nasional yang aktif luar biasa seperti R.M. Tirto Adhi Soerjo menjadi seorang non-person dalam sejarah bangsanya sendiri .

Ditambah lagi dengan ketidaktahuan dan pengoperan sertamerta segala rumus dan rujukan kolonial itu, kesemuanya telah ikut membangun mitos-mitos yang marancu penulisan sejarah modern Indonesia. Lewat bukunya ini Pramoedya mendudukan kembali R.M. Tirto Adhi Soerjo dalam posisinya yang selayaknya.

Ch. Snouck Hurgronje   : ia seorang penghasut
D.A. Rinkes                    : maha guru pencaci maki
J.Th Blumberger            : dialah yang telah berusaha memberikan bentuk pada angan-angan yang kemudian berkembang
S.de Vries                       : setiap saat ia bekerja untuk kemajuan bangsa, semua hasilnya dipersembahkan  kepada umum, sehingga ia tidak mengenal kekayaan
J.Erkelens                      : seorang dari orang-orang terpenting pada tahun pertama gerakan nasionalistis Inndonesia
Marco Martodikromo    : penggoncang bumiputera bangsa bangun dari tidurnya
Ki Hajar Dewantara    : pelopor jurnalistik Indonesia
Moh. Hatta                  : Pendiri Sarikat Islam Dagang Islam, kebebasan ekonomi rakyat menjdi tujuannya dan islam jiwanya, guna kekuatan dan persatuan.

(Riskia.SL)

Sang Pemula Sang Pemula Reviewed by silo langi on 5/19/2017 06:59:00 PM Rating: 5

No comments: