Robot Buatan Mahasiswa UMM Jadi Juara di AS

Tim robot UMM yang mengikuti kontes robot tingkat nasional di AS

SILOLANGI News, JAKARTA - Dalam kontes yang berlangsung selama dua hari yakni, sabtu dan minggu (1-2/4) it, Tim Robot UMM berhasil menapat dua gelar sekaligus yakni juara satu dan dua kategori walking atau robot berkaki. 


Dosen Jurusan Elektro dan Informatika UMM, Muhammad Irfan mengatakan Tim Robot UMM merupakan delegasi dari Indonesia setelah menjuarai kontes robot tingkat nasional pada tahun 2016 kategori robot berkaki.

Ada sekitar 88 pesrta dari Sembilan Negara yang andil dalam kontes itu. Menurut Irfan, Tim Robot dari China yang jadi pesaing ketatnya. Tim Robot UMM sempat mengalami kendala saat proses registrasi panitia mengira tiga robot yang diikut sertakan merupakan robot hasil buatan pabrik, padahal robot-robot itu merupakan rakitan dari mahasiswa UMM.

Robot yang menjadi juara itu diberi nama Inamu dan Unmu yang deprogram untuk mencari nyala api dan memadamkannya. 

Ada sejumlah sensor yang dipakai untuk menjalankan robot itu secara otomatis seperti sensor jarak yang mampu mendeteksi benda untuk bermanuver dijalan, sensor itu mampu mendeteksi benda sampai pada jarak tiga meter.

Selain itu, robot itu juga dilengkapi dengan sensor uvtron fire detection untuk mencari titik api. Setelah ditemukan, sensor akan mengirim data untuk menghidupkan kipas angina dan mematikan api. Robot pendeteksi api itu dibuat sejak Juni 2016 dengan nilai Rp 50 juta untuk satu unit robot. Dilansir dari indozone.id

(MIRNA.SL)

Robot Buatan Mahasiswa UMM Jadi Juara di AS Robot Buatan Mahasiswa UMM Jadi Juara di AS Reviewed by Silo Langi on 4/20/2017 05:00:00 PM Rating: 5

No comments: