Jalan Raya Pos, Jalan Daendels






Judul Buku               : Jalan Raya Pos, Jalan Daendels
Penulis                     : Pramoedya Ananta Toer

Penerbit                   : Lentera Dipantara

Cetakan                    : 9April 2012 (Cetakan 1 Oktober 2005)

Tebal                        : 148 halaman

ISBN                        : 979-97312-8-3







Buku ini merupakan buku dari Pramoedya Ananta Toer, yang ber judul “Jalan Raya Pos, Jalan Daendels”. Yang di terbitkan oleh lentera dipantara yang mengalami 9 kali pencetakan, dengan cetakan pertama di tebitkan pada bulan oktober 2005.



            Dalam buku ini Pram berusaha menggambarkan bagaimana kehebatan Mr. Herman Willem Deandels, atau yang lebih dikenal dengan jendral Daendels. Yang menjadi pelopor pembangunan jalan raya yang membentang sepanjang utara pulau jawa, dari Anyer sampai  ke Panarukan.



            Jalan raya ini membentang sepanjang 1000 km sepanjang utara pulau jawa. Dalam buku ini Pram berusaha menggambarkan satu dari sekian banyak tragedi kerja paksa, yang terjadi sepanjang sejarah di tanah Hindia.



            Dalam buku ini Pram juga menggambarkan bagaimana kekejaman dari Mr. Herman Willem Daendels, yang tak kenal kompromi dengan masyarakat sehingga mengakibatkan banyak cucuran darah selama pembangunan jalan raya pos tersebut.



            Pram juga menggambarkan kisah dari ribuan masyarakat yang mati kelaparan, kelelahan bahkan sampai diserang wabah malaria.lewat buku ini Pram mencoba menghadirkan sisi kelam dari genosida kolonialisme di pulau jawa.



            Pram juga berusaha mengisahkan kembali beberapa pengalamannyadalam menyusuri sejarah, kota-kota yang membentang sepanjang jalan raya pos atau jalan raya daendels. Dimana sepanjang jalan ini menjadi saksi dari kekejaman kolonialisme.



            Buku ini sangat cocok untuk di baca oleh siapapun, yang berkeinginan untuk mengetahui sejarah kelam peristiwa pra kemerdekaan (sekitar abad XI sampai kira-kira abad XIX). Kota-kota di sepanjang jalan dari Anyer sampai Panarukan.



            Pada buku ini juga pembaca akan menemukan kisah perjuangan masyarakat pribumi, yang selama bertahun-tahun berusaha melakukan perlawanan di masa kolonial. Namun hidup mereka berakhir dengan sebuah kisah yang memilukan.



            Buku ini juga cocok untuk di jadikan bahan refrensi. Bagi mahasiswa sejarah,pengajar sejarah maupun para sejarawan. Kurangnya gambar yang otentik terkait sejarah pembangunan jalan ini menjadi sebuah kelemahan dalam buku ‘Jalan Raya Pos, Jalan Daendels’.



            Jadi garis besar dari buku ini mengisahkan tentang kekejaman deandels, pembantaian kaum pribumi di masa kolonialisme dan beberapa pengalaman pribadi Pramoedya Ananta Toer. (FAD. SL)












Jalan Raya Pos, Jalan Daendels Jalan Raya Pos, Jalan Daendels Reviewed by silo langi on 4/18/2017 02:44:00 PM Rating: 5

No comments: