Internasional BestSeller Book," Midnight's Children (Anak-anak Tengah Malam)"




Judul : Midnight's Children (Anak-anak Tengah Malam)
Penulis: Salman Rushdie
Tebal : 692 Halaman
Cetakan II: November 2009
Edisi Bahasa Indonesia
Penerjemah: Yuliani Liputo
Penerbit: Serambi Ilmu Semesta,


Dan ketika perawat itu sendirian-dua bayi di tangannya, dua kehidupan dalam kuasanya dia melakukan sebuah tindakan revolusioner hanya agar lelaki yang dipujanya mau mencintainya. ditukarkannya label nama kedua bayi itu: memberi bayi yang miskin kehidupan istimewa dan menghukum anak keluarga kaya dengan akordion dan kemiskinan.


Midnight's Children adalah adikarya Salman Rushdie yang memenangkan tiga hadiah Booker sekaligus: The Booker Prize pada 1981, The Booker of Booker Prize pada 1993 sebagai pemenang terbaik hadiah sastra terkemuka itu selama 25 tahun, dan kemudian The Booker Prize Winners pada 2008 sebagai pemenang terbaik selama 40 tahun berdasarkan pilihan pembaca di seluruh dunia. Hingga kini, novel memukau ini terus menjadi perbincangan hangat dikalangan penikmat novel dan kritikus sastra bahkan dianggap sebagai salah satu karya utama dalam khazanah sastra poskolonial.

Midnight's Children bisa dibaca sebagai sebuah cerita mengenai kegagalan mimpi-mimpi tentang kemerdekaan, terutama mimpi kolektif tentang perbaikan kehidupan sosial. Novel ini memotret sejarah sebuah bangsa dari perjalanan hidup seorang anak manusia. Kegagalan cita-cita bangsa India (dan bangsa-bangsa lain di "Dunia Ketiga") oleh Rushdie digambarkan sebagai bagian dari nasib buruk yang sudah ditakdirkan sejak kemerdekaan negara itu diproklamasikan pada tengah malam 15 Agustus 1947. Perjalanan sejarah dalam novel ini berlalu dari suatu masa saat mimpi-mimpi romantis mulai tumbuh sampai ke masa lain ketika kenyataan pahit tampil sempurna.

Sebagai karya sastra, Midnight's Children adalah sebuah teks yang kompleks dan cemerlang. Seperti dalam kebanyakan karyanya, dalam novel ini Rushdie memasukkan unsur-unsur dari berbagai genre sejarah, mitologi, dan teks-teks klasik yang dikemas dengan cerdas dan jenaka.

Terlepas dari kontroversi yang melingkupi pengarangnya di masa lampau, novel ini layak dibaca oleh para pencinta sastra di tanah air sebagai sebuah bacaan yang bermutu, menarik, dan memperkaya, sekaligus sebagai "cermin" atas perjalanan sejarah bangsa kita sendiri. (Dea S.L)

 

Internasional BestSeller Book," Midnight's Children (Anak-anak Tengah Malam)" Internasional BestSeller Book," Midnight's Children (Anak-anak Tengah Malam)" Reviewed by sfs on 4/11/2017 08:01:00 PM Rating: 5

No comments: