Yuk Berburu Beasiswa Di Awal Kuliah!

Berburu beasiswa
SILOLANGI NEWS, PALU - Hai kamu yang mahasiswa baru dan sedang mencari beasiswa! Jangan bingung harus memulai darimana untuk mencari beasiswa di awal kuliah. Saat ini, kesempatan untuk mendapatkan beasiswa semakin besar.


Kamu bisa mendapatkan berbagai informasi beasiswa dari website kampus juga media sosial lainnya. Kali ini kami akan mengupas bagaimana caranya berburu beasiswa di awal kuliah. Simak tips berikut:

TIPS MENDAPATKAN BEASISWA DI AWAL KULIAH
1. RAJIN CEK WEBSITE KAMPUS

Biasanya, universitas atau perguruan tinggi akan mengumumkan pembukaan beasiswa pada website kampus. Oleh karena itu, sering-seringlah mengecek informasi beasiswa di sana. Kalau kamu memenuhi kriteria yang disebutkan untuk mengajukan beasiswa, jangan ragu untuk segera mendaftarkan diri!

2. MEMBUAT ESSAI
Pada beberapa program beasiswa yang ditawarkan, biasanya ada yang mensyaratkan agar penerimanya membuat essai terlebih dahulu. Jadi, mulai sekarang banyak-banyaklah berlatih dan membiasakan diri untuk membuat essai atau karya tulis ilmiah lainnya.


3. MEMILIKI HUBUNGAN YANG BAIK DENGAN DOSEN
Sejak menjadi mahasiswa baru, usahakan kamu mempunyai hubungan yang baik dengan dosen. Hubungan yang baik dalam artian sering berkomunikasi dalam hal studi, berkonsultasi mengenai bayangan skripsi atau proyek yang ingin kamu kerjakan nanti, dan sebagainya.

Dari hubungan yang baik tersebut, kamu akan lebih mudah mendapatkan rekomendasi beasiswa dari dosen tersebut. Tidak menutup kemungkinan, kamu juga bisa mendapatkan informasi beasiswa dari dosen tersebut.

4. MENYIAPKAN DOKUMEN PENDUKUNG
Jika kamu berniat mendaftar beasiswa, biasanya terdapat beberapa dokumen yang selalu diminta oleh pihak penyedia beasiswa, seperti Transkrip Nilai, slip gaji orangtua, kartu keluarga, serta Surat Rekomendasi Dosen. Pastikan kamu telah memiliki fotocopy atau salinan dari dokumen-dokumen tersebut. Sehingga jika ada pembukaan beasiswa, kamu dapat langsung mendaftar.

5. KOMITMEN
Dengan mendapatkan beasiswa artinya kamu juga harus siap berkomitmen dengan persyaratan yang diberikan. Misalnya, beasiswa akan diberikan dengan perjanjian kamu dapat mempertahankan IPK di semester berikutnya.

Sehingga penting untuk mempertahankan IPK agar beasiswamu tidak dicabut. Selain itu, dokumen-dokumen yang telah kamu serahkan juga harus dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dan bukan hasil manipulasi.
INDbeasiswa.com . Selamat mencoba.
(Moh. Sandi.SL)

Yuk Berburu Beasiswa Di Awal Kuliah! Yuk Berburu Beasiswa Di Awal Kuliah! Reviewed by Silo Langi on 3/22/2017 03:20:00 PM Rating: 5

No comments: