Semangat Pencerahan



Silo Langi adalah Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) di tingkat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Tadulako, Palu - Sulawesi Tengah. Keberadaan lembaga ini berdasarkan kesepakatan yang diambil dalam Konferensi Lembaga Kemahasiswaan FKIP UNTAD pada tahun 2007.



Lembaga ini secara resmi berdiri pada tanggal 28 Juni 2007. Frase Silo Langi sendiri diambil dari bahasa Kaili sub-etnik Tara. Silo berarti lampu atau cahaya dan Langi berarti langit. Terma Silo Langi dalam masyarakat Kaili Tara berarti lampu minyak yang dipakai sebagai penerang untuk menjaga kebun. Filosofi Silo Langi adalah semangat untuk menerangi dan memberikan pencerahan bagi lingkungan sekitarnya.

Sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di tingkat fakultas, Silo Langi befungsi untuk mengkader mahasiswa dalam bidang jurnalis. Produk yang dihasilkan adalah berita yang dimuat dalam tiga bentuk media: (1) Buletin atau Majalah, (2) Majalah Dinding (Mading), (3) Website atau Blog.

Namun dunia jurnalis bukanlah satu-satunya ruang berekspresi bagi Silo Langi. Di lingkup FKIP, Silo Langi dengan semangat pencerahannya berusaha membangun budaya diskusi, budaya menulis, peningkatan minat baca, bedah buku, bedah film, hingga apresiasi seni dan sastra.

Dalam usia yang masih muda, lembaga ini mencoba tetap eksis dengan terbitan medianya. Sebelum Blog ini dibuat, sebelumnya lembaga ini telah memiliki website dengan domain silolangi.com, namun dinamika kelembagaan yang fluktuatif akhirnya menjadikan website ini tutup.

Redaksi berharap kehadiran Blog ini dapat menjadi alternatif pemerolehan informasi bagi pembaca dan wadah pembelajaran bagi anggota aktif.

Alamat:
Sekretariat LPM Silo Langi, Kampus FKIP Universitas Tadulako, Palu - Sulawesi Tengah.

Contact:
0852 4101 5141 (Salim)
0857 5206 2560 (Anita)
082343756984 (RUSLI)
email: silolangi.fkip.untad@gmail.com

Semangat Pencerahan Semangat Pencerahan Reviewed by Silo Langi on 2/21/2014 01:10:00 AM Rating: 5

No comments: