Mengusung Dua Tema "Art And Culture" Dan "Eksplorasi Dan Kreasi Seni Rupa Dalam Ruang Pendidikan Berwawasan Lingkungan Hidup" Program Studi PGSD Gelar Pameran Seni Rupa

Foto by : Arudia, SL/"Pengunjung Sedang Melihat Pameran Seni Rupa Yang Sedang Dipamerkan "





SiloLangiNews-Palu. Program Studi Pendidikan  Sekolah Dasar (PGSD) dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tadulako, secara resmi telah membuka Pameran seni rupa berlangsung pada 29/05/2024 hingga 31/05/2024.



Kegiatan ini merupakan projek kolaborasi tahunan sebagai bentuk penerapan dari pembelajaran kurikulum merdeka Program Studi Pendidikan Anak Sekolah Dasar (PGSD) angkatan 2021 dan 2022. Pameran seni ini adalah bentuk kerja sama antar mata kuliah Model Pembelajaran Bahasa Indonesia, Public Speaking, dan Seni Budaya Lokal dari angkatan 2021 serta mata kuliah Seni Rupa dari angkatan 2022. Pameran seni rupa ini dilaksanakan di ruang FKIP 32 dan FKIP 33.



Banyak karya dan kerajinan tangan yang dipamerkan di sini. Kerajinan tangan seperti cermin yang dihias sedemikian rupa, vas bunga cantik yang terbuat dari stik es krim, lukisan-lukisan indah seperti lukisan kupu-kupu, senja, dan masih banyak lagi. Tidak ketinggalan, poster dialog yang dibingkai rapi terpajang sempurna di dinding-dinding ruangan.



Kadek Hariana, S.Pd.,M.Pd selaku dosen pengampu mata kuliah Seni Musik dan Seni Rupa menuturkan bahwa Pameran seni ini mengangkat dua tema. Dari seni rupa dengan tema “Art and Culture” dan untuk angkatan 2022 mengusung tema “Eksplorasi dan Kreasi Seni Rupa dalam Ruang Pendidikan berwawasan Lingkungan Hidup”. 



“Temanya masing masing, kalau dari seni rupa kita satu di angkatan ini mengangkat Art and Culture: Final Project Exhibiton jadi unutk yang angkatan 2022 pameran seni rupa mengangkat tema tentang Eksplorasi dan Kreasi Seni Rupa dalam Ruang Pendidikan berwawasan lingkungan Hidup karena tujuan dari pentas yang disampaikan ke prodi visi misinya terkait tentang lingkungn hidup” ucapnya di sambutan acara.



Adapun rangkaian acara Pameran seni rupa yang akan dilaksanakan hingga dua hari kedepan, dianggap berbeda dari Pameran seni rupa tahun sebelumnya. Diungkapkan oleh salah satu mahasiswa PGSD angkatan 2022, yang ikut serta dalam kegiatan Pameran seni rupa saat mengungkapkan kesan pesannya.



“... kesan pesannya itu sangat menarik. Yang tahun ini juga beda dari tahun sebelumnya, yang tahun kemarin itu cuma mempamerkan seni lukis, kriya dan yang baru ini disini itu penampilan pakaian adat” Ungkap Ismawati pada wawancara langsung 
(29/05/2024)



Walaupun acara ini berlangsung dengan baik, tidak dipungkiri bahwa ada kendala dalam pelaksanaanya, seperti kendala dari kepanitiaan. Dalam wawancara lain, Maswa selaku ketua panitia dari angkatan menuturkan kendala acara dan menambahkan bahwasanya kegiatan tahun ini berbeda dikarenakan adanya sponsor dari Dosen pengampu dan Ketua prodi.



“Kalau untuk kendala selama kegiatan mungkin dari kepanitiaannya, ada juga yang molor begitu. Acara tahun ini juga berbeda karena disponsori sama Dosen pengampu dan Ketua prodi” Tambah Maswa. 



Penulis : Arudia, SL, Frisya Amanda, SL, Anisa wati, SL
Editor : Nismawati, SL
 


Mengusung Dua Tema "Art And Culture" Dan "Eksplorasi Dan Kreasi Seni Rupa Dalam Ruang Pendidikan Berwawasan Lingkungan Hidup" Program Studi PGSD Gelar Pameran Seni Rupa Mengusung Dua Tema "Art And Culture" Dan "Eksplorasi Dan Kreasi Seni Rupa Dalam Ruang Pendidikan Berwawasan Lingkungan Hidup" Program Studi PGSD Gelar Pameran Seni Rupa  Reviewed by Silo Langi on 5/30/2024 08:12:00 PM Rating: 5

No comments: