Lestarikan Budaya, Festival Budaya Moutong Kembali Digelar




(Festival  Budaya Moutong/Foto:Amkm)

SILOLANGINews.comSULTENG-  Moutong  merupakan salah satu kecamatan yang berada di ujung Timur Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Moutong menyimpan berbagai potensi kebudayaan yang mayoritas penduduknya bersuku Tialo.

Tahun ini, setelah sukses memeriahkan festival budaya  pertamakali di tahun 2018 Asosiasi Mahasiswa Kecamatan Moutong (AMKM)  kembali berinisiatif  mengadakan kegiatan  kebudayaan ini di tahun  2019. 
Ketua Umum  AMKM, Faisal Taufik (21)  mengatakan festival ini sebagai upaya untuk melestarikan budaya Moutong khususnya  Suku Tialo yang mulai hilang di kalangan masyarakat milenial.  “Budaya  sangatlah penting, suatu hal yang tidak bisa  dilupakan. Apalagi untuk kebudayaan Moutong bisa dikatakan hampir terlupakan, itu yang membuat kami  bersemangat untuk kembali menggangkat kembali kebudayaan tersebut”. Ujar Faisal yang saat ini menempuh pendidikan di Universitas Tadulako, Palu.
Ketua Panitia  Festival Budaya Moutong, Wahyu Pou (19) mengungkapkan Festival Budaya Moutong digelar akhir bulan Juli mendatang. Pihaknya telah mempersiapkan berbagai konsep acara kebudayaan khas Suku Tialo. Tokoh Budayawan dan Seniman Moutong akan tampil dalam festival budaya  ini. “Kalau persiapannya mungkin masih sekitar 30%,  karena itu kami mohon dukungan dari semua pihak untuk memeriahkan acara ini”. Ungkap Wahyu ketika  di wawancarai Sabtu( 29/06/2019).
Faisal juga menambahkan Festival Budaya Moutong akan berlangsung selama  3 hari, jika  tahun sebelumnya Festival  Budaya Moutong menampilkan beragam konsep seperti kuliner, permainan zaman dulu,  Tari-tarian dan lain-lain. Maka  festival tahun ini akan berfokus  pada Sejarah Moutong.  “Tahun ini kami lebih fokus ke Sejarah Moutong,  tetapi kami selalu berupaya tahun ini akan lebih meriah “. Tuturnya.      
Sementara itu, Yaumil Yusuf (21) mengaku sangat senang dan berantusias dengan di gelarnya  Festival Budaya Moutong . Ia  juga berharap kegiatan kebudayaan ini dapat  menjadikan Kecamatan Moutong  jauh lebih  baik.
“Saya sangat mendukung kegiatan ini, bisa membuat Kecamatan Moutong banyak di kunjungi masayarakat”.



(Moon-SL)

Lestarikan Budaya, Festival Budaya Moutong Kembali Digelar Lestarikan Budaya, Festival Budaya Moutong Kembali Digelar Reviewed by sfs on 7/01/2019 07:28:00 AM Rating: 5

No comments: