Ternyata Begini Tips Agar Terhindar Dari Pencurian Data ATM

Sumber: www.Brilio.net

SILOLANGINews, PALU- Hampir semua orang di dunia ini sudah mempunyai ATM dan menyimpan uangnya di Bank. Karena sebagian orang percaya bahwa menyimpan uang di tempat tersebut sangatlah aman. Namun, tahukah anda Bank yang dilengkapi dengan sistem keamanan yang canggih seperti dilengkapi CCTV di setiap sudut tetap bisa terjadi pencurian data. Pencurian data tersebut dikenal dengan istilah Skimming

Umumnya, pelaku Skimming ATM meletakkan perangkat di dekat slot keluar-masuk kartu ATM untuk bias membaca garis magnetic dan nomor akun.Selain itu, biasanya juga terdapat kamera tersembunyi untuk mengetahui PIN. Modus ini telah digunakan sejak beberapa tahun lalu. Hanya, teknologi yang digunakan semakin lebih baik.

Agar terhindar dari Skimming, berikut beberapa tips agar terhindar dari hal tersebut seperti yang dilansir dari Brilio.net.

1.   Periksa keadaan ATM
Untuk langkah awal, pastikan dulu slot untuk keluar-masuk kartu ATM asli bukan tempelan (palsu).
2.   Ganti PIN ATM secara berkala
Hal ini sangat penting dilakukan agar ketika sudah terlanjur terlacak Skimming, PIN sudah kadaluarsa.
3.   Periksa saldo rekening secara teratur
Ketika melakukan transaksi, terlebih lagi yang sering melakukan transaksi. Tak ada salahnya untuk sering mengecek salado. Tujuannya apabila ada transaksi yang janggal bisa terdeteksi.

4.   Perhatikan Card Reader
Pastikan Card Reader memiliki desain yang cekung, tidak terdapat goresan, dan longgar atau bengkok.
5.   Amankan bukti transaksi anda
Hal yang paling sering dilakukan yaitu membuang bukti transaksi di sembarang tempat. Padahal bukti transaksi (struk) harus disimpan atau dimusnahkan.




(A.S. SL)

Ternyata Begini Tips Agar Terhindar Dari Pencurian Data ATM Ternyata Begini Tips Agar Terhindar Dari Pencurian Data ATM Reviewed by silo langi on 4/04/2018 10:52:00 AM Rating: 5

No comments: