Bahasa Jurnalistik

Sinopsis


Penulis   : Abdul Chaer

Bahasa Jurnalistik mempunyai ciri-ciri sendiri yang membedakannya dengan ragam Bahasa lainya. Ciri-ciri ragam Bahasa jurnalistik sesuai dengan tujuaan jurnalistik, yaitu menyampaikan suatu berita, baik melalui media cetak, maupun media elektronik (radio, TV). Dewasa ini perkembangan Bahasa jurnalistik itu agak melenceng dari Bahasa Indonesia yang baik dan benar.


Hal tersebut sangat terasa sekali dalam Bahasa jurnalistik media cetak. Prof. John Hohenberg menyatakan bahwa tujuaan menulis karya jurnalistik adalah menyampaikan informasi, opini dan ide kepada pembaca yang mana informasi itu harus di sampaikan dengan teliti, ringkas, jelas, muda dimengerti dan menarik.

Bagaimana kongkritnya ragam bahasa jurnalistik tersebut dapat dipelajari dari buku ini. Dalam buku ini di uraikan dan dibahas antara lain tentang: Bahasa Jurnalistik Indonesia selama ini, penulisan berita, satuaan bahasa dalam berita, bahasa yang hemat kata, bahasa yang tepat makna dan menarik, memburu dan menyajikan berita, dll. Buku ini merupakan sebuah buku yang sangat bermanfaat untuk para wartawan dan editor di belakang meja.

(Rahma.SL)


Bahasa Jurnalistik Bahasa Jurnalistik Reviewed by silo langi on 5/25/2017 03:55:00 PM Rating: 5

No comments: