Jurnalistik Televisi Menjadi Reporter Profesional Penu

 

Buku

SILOLANGI News, PALU-Judul Buku : Jurnalistik Televisi Menjadi Reporter Profesional Penu : Deddy Iskandar Muda, Penerbit : Remaja Rosdakarya Bandung Cetakan : Kedua Jumlah Halaman : 233 Tahun Terbit : 2005 ISI YANG MENARIK Reporter adalah sebutan bagi salah satu profesi yang bertugas mengumpulkan informasi yang digunakan dalam bisnis media massa.


Reporter dispesialisasikan menjadi reporter politik ekonomi kesehatan ataupun militer. Dengan demikian, berita yang ia liput akan jauh lebih variatif dan berbobot. Berita sendiri dapat didefinisikan sebagai setiap fakta yang akurat atau suatu ide yang dapat menarik perhatian bagi sejumlah besar pembaca.

Pada umumnya, berita dapat dikategorikan menjadi 3, yaiitu hardnews (berita berat), soft news (berita ringan) dan investigative news. Untuk menulis berita, kita perlu mngerti yang dinamakan easy formula yang diketengahkan oleh Soren H.

Munhoff dalam “Five Star Approach To News Writing” yaitu accurnacy, brevity, clarity, simplicity, dan sincerity. Dalam menyiarkan berita, biasanya dimulai dari peristiwa yang paling besar, menarik, dan mengejutkan menuju ke berita yang paling ringan.

BAHASA PENGARANG Bahasa pengarang dalam buku ini menggunakan bahasa yang komunikatif sehingga mudah dipahami oleh pembaca dengan kata lain pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang dapat dipahami langsung oleh pembaca.

KEUNGGULAN Buku ini mampu memberikan informasi yang lengkap untuk anda yang ingin menekuni dunia reporter.

KELEMAHAN Kelemahan dari buku ini kurangnya pendapat yang dikemukakan oleh ahli utntuk meyakinkan pembaca mengenai kebenaran informasi yang dipaparkan dalam buku ini. KESIMPULAN Buku ini layak dibaca karena didalamnya memuat perihal yang lengkap dari sejarah tv, pengertian berita, menulis berita, menjadi reporter yang baik, meliput berita, hingga siap siar dan proses penyiaran, sampai struktur kerja dalam pemberitaan.

Sehingga buku ini dirasa sangat disarankan untuk mahasiswa yang ingin menekuni ilmu komunikasi dan bagi anda yng ingin menekuni reporter.

(Fadlillah Ulfa.SL)

Jurnalistik Televisi Menjadi Reporter Profesional Penu Jurnalistik Televisi Menjadi Reporter Profesional Penu Reviewed by silo langi on 3/23/2017 02:44:00 AM Rating: 5

No comments: