Beredar Isu Penculikan, Fakta atau hoax!



SILOLANGI News, PALU- Sepekan terakhir marak isu penculikan dengan korban anak-anak. Kabar yang heboh di dunia maya itu cukup meresahkan.

Tak sekedar penculikan, dikabarkan pula pelaku tak segan menjadikan korbannya sebagai perdagangan organ tubuh. Namun ditegaskan Kapolri Jenderal Tito Karnavian kabar itu hoax alias bohong.

"Berkaitan dengan berita-berita penculikan anak, dibunuh, organ diambil ada gambar-gambar saya yakinkan saya sudah cek di Manado, Sumatera Utara dan beberapa wilayah lain termasuk Jakarta, berita tersebut adalah hoax, tidak benar," kata Tito di Wisma Bhayangkari di Komplek Mabes Polri, Jakarta, Kamis (23/3).

"Meskipun penting untuk meningkatkan pengaman keluarga, anak, tapi jangan over reaktif dan panik, klarifikasi dengan kepolisian," katanya.

Tito menduga ada pihak-pihak tertentu yang sengaja menyebar informasi-informasi hoax tersebut. Menurutnya, kabar itu disebar agar masyarakat resah dan merasa tidak nyaman dengan masa kepemimpinan pemerintahan daerahnya.

"Mungkin ada pihak ketiga yang sengaja menaikkan isu-isu, memprovokasi isu negatif untuk menimbulkan keresahan. Apa lagi ada masa Pilkada, untuk menakuti masyarakat mendeliniasi pemerintah," jelas Tito.

Meski kabar itu cuma isapan jempol belaka, rupanya memberikan dampak buruk bagi sejumlah orang. Seperti yang terjadi di Tangerang, Serang dan Bali. Warga yang tak bersalah justru menjadi korban kekerasan karena dicurigai sebagai penculik.

Di Kecamatan Ciwandan, Cilegon, seorang gelandangan dicurigai sebagai penculik yang tengah menyamar. Masyarakat yang kadung gelisah dengan isu penculikan dan penjualan organ tubuh langsung menghakiminya tanpa penjelasan.

Di Surabaya, seorang perempuan misterius dibawa ke kantor polisi, Polsek Gubeng, Surabaya. Dia dicurigai, sebagai pelaku yang akan melakukan penculikan terhadap siswa-siswi yang sekolah di SDN Mojo I Surabaya.

Perempuan yang diketahui bernama Solihah, sekarang ini masih diperiksa penyidik, untuk mengetahui apa motifnya. Lantaran, sampai sekarang belum ada bukti Solihah telah melakukan penculikan.
"Ini masih didalami. Sampai sekarang dari pemeriksaan sementara, belum ada bukti yang kuat untuk menjeratnya, kalau melakukan tindak pidana," terang Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol M Iqbal, Kamis (23/3).

Insiden tersebut berawal saat Solihah datang dan masuk ke lingkungan SDN Mojo 1. Karena, tidak banyak guru yang mengenalnya, Solihah langsung ditanya oleh pihak sekolah, tapi tidak bisa menjawab.

Apalagi, waktu diminta identitasnya, tidak bisa menunjukkan. Akhirnya pihak sekolah, membawanya ke kantor polisi. Dilansir dari Merdeka.com

(Sandi. SL)

Beredar Isu Penculikan, Fakta atau hoax! Beredar Isu Penculikan, Fakta atau hoax! Reviewed by silo langi on 3/24/2017 11:31:00 PM Rating: 5

No comments: