Tantangan dan Peluang di Era Digital

Foto by: www.pinterest.com/"ilustrasi penggunaan smarthphone di tempat umum"


SilolangiNews-Palu. Mahasiswa sebagai individu yang sedang mengejar pendidikan di perguruan tinggi dan terlibat dalam proses pembelajaran akademis, pengembangan diri hingga penelitian yang sepanjang prosesnya tidak lepas dari teknologi di era digital saat ini turut dihadapkan berbagai peluang dan tantangan yang belum pernah ada sebelumnya. 



Diva, mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris mengungkapkan pendapatnya bahwa internet mempermudah dalam menyelesaikan tugas-tugas kuliah. Namun disisi lain, bahaya dari era digital dapat menyebarkan informasi palsu dan menimbulkan sulitnya membagi waktu, mahasiswa mengalami gangguan belajar akibat dengan mudah teralihkan perhatiannya pada handphone, dan memilih untuk menjelajahi media sosial.



"Peluangnya pastinya bantu dalam pembelajaran karena internet itu serba terus bisa dengan instan dapat info-info misal seminar atau beasiswa. Kalau tantangannya biasanya internet disalahgunakan, informasi yang dikasih kadang hoax sama yang paling mengganggu itu susah sekali membagi waktu antara offline dengan online" Tutur Diva pada wawancara via Whatsapp, Selasa (02/10/2023)



Hal yang sama juga disampaikan Zahra, mahasiswa Bimbingan Konseling mengungkapkan bahwa bermodal internet mahasiswa dapat mengakses informasi tanpa harus mengandalkan buku, perpustakaan fisik atau media cetak. Mudahnya akses internet juga dapat menimbulkan masalah penyalahgunaan informasi atau data diri yang tanpa sadar bocor dan dapat digunakan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. 



"Peluangnya kayak mempermudah dalam belajar, cari referensi dan informasi sama fleksibel belajar dimana saja, tantangan paling cuma kayak informasi yang tidak bisa disaring dapat diakses siapapun yang bisa jadi bahaya" ungkapnya



Penulis: Frisya Amanda, SL

Editor: Nurhikma, SL

Tantangan dan Peluang di Era Digital Tantangan dan Peluang di Era Digital Reviewed by Silo Langi on 11/28/2023 07:07:00 PM Rating: 5

No comments: