Belajar Sambil Berwisata Sejarah, Mahasiswa Pendidikan Sejarah Gelar Praktik Kerja Lapangan

Foto by: Fadya, SL/“koordinator Prodi Pendidikan Sejarah sedang menyampaikan pesan kepada rombongan yang aka berangkat praktik kerja lapangan”.


SilolangiNews-Palu. Mahasiswa angkatan 2021 Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tadulako mengadakan praktik kerja lapangan. Ini bukan kegiatan yang pertama, pada tahun lalu juga di adakan untuk angkatan 2020.




Keberangkatan praktik kerja lapangan menuju lokasi praktik dimulai di halaman Prodi Pendidikan Sejarah. Nantinya mahasiswa dan beberapa senior pendamping, beserta dosen penanggung jawab mata kuliah akan memulai perjalanan darat ke wilayah tempat praktik. Sebelum berangkat, koordinator Prodi Pendidikan Sejarah Dr. Hasan, M.Hum menyampaikan beberapa pesan kepada rombongan praktik.




Pesan saya kepada mahasiswa jaga nama baik almet kampus kita, jadi saya harapkan mahasiswa jaga etika dan tingkah laku ketika berada di kampung orang” pesannya pada Selasa, 20/06/23.



Pada tahun ini praktek kerja lapangan Prodi Pendidikan Sejarah FKIP UNTAD akan di laksanakan di kecamatan Baolan, kabulaten Toli-Toli.  Mahasiswa akan di bagi regu di setiap desa untuk melakukan tugas penelitian sejarah lokal. Mereka ditargetkan akan meneliti selama lima hari, terhitung mulai 20-25 Juni 2023. Bak dua sisi koin, mahasiswa nantinya akan belajar penelitian sejarah lokal sekaligus jalan-jalan.




Sejujurnya ini merupakan perjalanan penelitian. Kenapa saya katakan demikian kerna kalian akan bersantai dalam menggali penelitian. Bersantai yang tidak santai-santai” ujar Haliadi Sadi, SS, M.Hum., Ph.D. pada pertemuan rapat H-2 sebelum kegiatan berlangsung.




Meski sudah memasuki waktu libur sebab mata kuliah telah ujian akhir, tidak mengurangi rasa semangat mahasiswa untuk melakukan praktek kerja mata kuliah. 




Menurut saya, sangat menyenangkan karena pkl nya santai-santai sudah hilang beban UAS” , jawab Asmawati salah satu mahasiswa program studi pendidikan sejarah. 




Penulis: Fadya, SL
Editor: Andi Ikbal, SL

Belajar Sambil Berwisata Sejarah, Mahasiswa Pendidikan Sejarah Gelar Praktik Kerja Lapangan Belajar Sambil Berwisata Sejarah, Mahasiswa Pendidikan Sejarah Gelar Praktik Kerja Lapangan Reviewed by Silo Langi on 6/21/2023 08:03:00 PM Rating: 5

No comments: