LDK Al-Abrar UIN DK Ungkap Solusi Menyuarakan Aspirasi Muslimah

Foto/Dokumen Panitia : Departemen Kemusliman LDK Al-Abrar UIN DK, Lisnuriyana saat menyampaikan sambutan. 


SilolangiNews-Palu. Agenda Tahunan Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al-Abrar UIN Datokarama Palu mengadakan seminar kemuslimahan yang bertajub Muslimah Berani Bicara dengan mengangkat tema “Mengungkap Solusi Terhadap Permasalahan Muslimah Dalam Menyuarakan Aspirasi Agar Menajadi Muslimah yang Cerdas Kritis dan Ber-Izzah serta Mampu Menjawab Tantangan Zaman” pada Minggu, 26/12/21 berlangsung di Aula Dakwah UINDK Palu.


Foto/Mughni Mayah : Dua Pembicara dihadirkan untuk membahas lebih dalam tentang bagaimana muslimah menyampaikan aspirasi 


Seminar Muslimah sendiri merupakan Kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al-Abrar UIN Datokarama Palu. Tema yang diangkat dilatarbelakangi oleh banyaknya perempuan yang belum berani bicara


Peserta seminar muslimah ini berjumlah 100 orang peserta dari Universitas Islam Negeri (UIN) dan juga Siswi SMA. Seminar muslimah ini menghadirkan dua pembicara muslimah yaitu Asiati Masra, S.Pd.,M.Pd (Guru Berprestasi Perwakilan Indonesia ke Turki 2016, Penyair Nusantara & Penulis) dan Ufiel Damayanti, S.Pd.I (Pembina Banua Al-Qur’an & Sekolah Al-Qur’an).


Dalam sesi paparan materinya, Asiati Masra menyampaikan tentang cara muslimah dalam menyuarakan aspirasinya.


Setiap muslimah memiliki kebebasan berpendapat atau yang disebut dengan aspirasi, proses penyampaian aspirasi yang dilakukan oleh seorang muslimah kerap kali terhambat oleh berbagai faktor untuk itu muslimah dapat menyuarakan aspirasinya melalui media massa, pembuatan opini, ada juga yang memilih turun berunjuk rasa,” jelasnya.


Lisnuriyana, selaku ketua departemen kemuslimahan LDK Al-Abrar UIN Datokarama Palu mengatakan bahwa semua muslimah itu cerdas, hanya saja mereka para muslimah merasa takut dan kurang percaya diri untuk berbicara dan menyuarakan aspirasinya. “Keberanian awalnya dibangun dari diri sendiri dan hal itu yang banyak yang tidak dimiliki oleh para muslimah padahal mereka memiliki gagasan atau ide-ide yang sangat luas. Maka dari seminar ini kami adakan dengan tujuan setidaknya memberikan wawasan dan kiatkiat kepada para muslimah agar lebih berani untuk berbicara”.


Ia juga berharap agar seminar ini bermanfaat bagi para peserta dan bagi para panitia acara dan ilmu yang didapatkan dapat diaplikasikann ke dalam kehiduan sehari-hari.  "Saya berharap agar para muslimah yang masih takut untuk berbicara di khalayak umum dapat termotivasi untuk berani berbicara menyampaikan aspirasi," tambahnya. 


Reporter : Aulia, SL & Nurhikmah, SL


LDK Al-Abrar UIN DK Ungkap Solusi Menyuarakan Aspirasi Muslimah LDK Al-Abrar UIN DK Ungkap Solusi Menyuarakan Aspirasi Muslimah Reviewed by sfs on 12/27/2021 09:10:00 AM Rating: 5

2 comments: