Gembira Bumi, Jaga Kelestarian Bumi Pakuli

Peserta Mengikuti Kegiatan Hari  Bumi  di Desa Pakuli Utara


SILOLANGINews, Palu- Memperingati hari bumi Relawan Orang dan Alam (ROA), Perkumpulan Imunitas, Arapaima, dan Lembaga Pecinta Alam (LPA) Walentina mengadakan  Camping Ground dengan mengusung tema ‘#Gembira Bumi’ berlokasi di Desa Pakuli Utara, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi, Kamis (22/04/2021).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut dihadiri oleh beberapa pemuda Desa Pakuli Utara serta mahasiswa Universitas Tadulako dengan rangkaian kegiatan penanaman pohon, pelatihan jurnalistik lingkungan, pelatihan fotografi, serta pertunjukan musik sungai.

Pemateri dalam pelatihan tersebut didatangkan langsung dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Palu dan Pewarta Foto ANTARA Sulteng yang sudah berpengalaman dibidangnya.

Sesuai dengan tajuk #gembira bumi, Muhammad Subarkah mengatakan bahwa pengambilan tema yakni untuk mengajak orang-orang kepada hal-hal yang positif melalui kegiatan tersebut.

“Sudah saatnya kita mengajak orang-orang kepada hal-hal positif yang biasanya lebih mudah dicerna orang-orang, bagaimana kita menampilkan keindahan-keindahan. Harapannya keindahan itu bisa membuat orang itu juga senang, membuat orang itu juga akan menjadi orang yang melindungi sesuatu yang indah itu. Asumsi saya, hal-hal yang indah itu orang akan resisen apabila dirusak tapi bukan darinya melainkan orang itu sendiri”, ujarnya

Kevin selaku ketua panitia mengungkapkan bahwa output dari kegiatan tersebut yakni para pemuda dapat meningkatkan kesadaran terhadap alam sekitar.

Bahwasanya output dari kegiatan ini sendiri adalah bagaimana kami sebagai masyarakat Desa Pakuli Utara khususnya anak muda dapat meningkatkan kesadaran terhadap alam sekitar. Salah satunya yaitu menjadi contoh untuk desa lain dalam hal desa hijau dan mandiri”.

Kepada silolangi news, Fadil mengungkapkan harapan dari kegiatan tersebut dapat meningkatkan rasa cinta anggota LPA Walentina dan masyarakat Desa Pakuli Utara terhadap lingkungan.

“Semoga kedepannya melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan rasa cinta anggota LPA Walentina maupun masyarakat Desa Pakuli Utara terhadap lingkungan. Mengingat isu perubahan iklim yang kian meningkat, apalagi desa kami berbatasan langsung dengan taman nasional dengan dialiri oleh sungai yang cukup besar dan jika pengesploitasian hutan semakin marak mungkin sewaktu-waktu mengakibatkan bencana alam”, jelasnya


(Suci Ratika SL)

Gembira Bumi, Jaga Kelestarian Bumi Pakuli Gembira Bumi, Jaga Kelestarian Bumi Pakuli Reviewed by sfs on 4/25/2021 05:43:00 AM Rating: 5

No comments: