Timor Timur: The untold Story- Kiki Syahnakri-sinopsis


Kiki Syahnakri membeberkan "pahir-manisnya" sebelas tahun pengalaman di Timor Timur (Kini Timor Leste) baik dalam operasi tempur maupun teritorial.


Mengapa Timor Timur lepas dari NKRI meski air mata, darah, dan nyawa telah dikorbankan putra putri Indonesia? Sekitar 3.000 prajurit TNI gugur dalam operasi Siroja. Belum terhitung berbagai bentuk pengorbanan lainnya. Pelajaran apa yang dapat dipetik dari medan tempur dan aneka pengalaman di Timor Timur?

Bagaimna Kiki menghadapi " perang informasi" yang menyedutkan TNI bahkan bangsa Indonesia? Apa yang memicu konfliknya dengan Duta Besar AS untuk Indonesia Robert Gebard? Apakah karena Kiki menantang, "kalau berani, suruh Marinir AS melintasi perbatasan darat supaya berhadapan dengan pasukan saya! jangan hanya lewat udara!"

Lebih seru lagi, ada apa dibalik "gesekan" antara kiki syahnakri dan prabowo subianto soal "operasi melati"? mengapa kiki berselisih paham dengan prabowo yang saat itu ada dalam pusaran kekuasaan?

Jenderal kiki menampilkan pola kemitraan  yang sangat bagus selama penugasan saya di Timor Timur. Ia adalah salah seorang mitra terbaik dalam karir militer saya. Jenderal kiki memiliki integritas tingg, loyal terhadap prosedur militer dan kebijakan TNI,dan terbukti sukses memimpin  korpsnya. (Gen.Peter Cosgrove)

Pak kiki adalah figur yang  dalam sejarah Indonesia, pada bab integrasi Timor Timur, memegang peranan unik sebagai alfa dan omega:"kunci yang membuka dan kunci yang menutup", walaupun tidak semua hal di bawah wewenangnya.

Pada 1975, Letda Kiki Syahnakri ada di perbatasan Motaain untuk membuka pintu  bagi orang-orang Timor Timur masuk ke Indonesia. Namun, 24 tahun kemudian, September 1999, Mayjen Kiki-lah yang berada  di Dili menutup keberadaan Indonesia  di Timor Timur. (F.X. Lopes da Cruz)

Agar dapat terwujud keadilan, sehingga nilai-nilai universal benar-benar universal, perlu reformasi mentalitas para politisi dari negara-negara adidaya, perlu reformasi institusi-institusi pengambil keputusan, perlu dijunjung tinggi kedaulatan bangsa-bangsa, entah besar atau kecil. (Xanana Gusmao)

Barometer pelanggaran HAM di Timtim semestinya diletakkan pada situasi masa lalu ketika Indonesia-dengan dukungan luar negeri masuk ke Timtim. Seandainya Menlu AS Henry Kissinger tidak mampir ke Jakarta  dan bertemu  Presiden Soeharto, mungkin saja Indonesia tidak secepat itu menerjunkan  pasukan gabungan ka Dili.

Ini yang ingin saya tekankan  berulang-ulang kepada berbagai pihak, terutama pihak asing  yang getol menuding Indonesia melakukan pelanggaran HAM di Timtim. Kurang fair menggunakan  barometer pascaperang dingin (dan setelah referendum) untuk menyudutkan Indonesia, Sementara pihak-pihak yang mendukung Indonesia masuk Timtim terkesan"cuci tangan". (Florencio Mario Vieira)

(Rusli.SL)

Timor Timur: The untold Story- Kiki Syahnakri-sinopsis Timor Timur: The untold Story- Kiki Syahnakri-sinopsis Reviewed by silo langi on 5/03/2017 06:08:00 PM Rating: 5

No comments: