Wow! Perpustakaan Berdinding dari Bahan Limbah Wadah Es Krim


Foto : Perputakan Dari Limbas Wadah Es Krim (Search Google)

SILOLANGI News, Bandung - Koleksi buku dan Internet gratis di Microlibrary Jalan Bima Nomor 100 B Kota Bandung saling bersaing peminat. Pengelola perpustakaan berdinding dari limbah wadah es krim ini berencana membuat aturan baru agar para pengunjung tetap tertarik ke literasi.


“Paling tidak baca judul bukunya saja dulu baru main Internet,” kata seorang pengelola Microlibrary, Devih Desdian Dwi Hendra, Senin, 17 April 2017. 

Microlibrary merupakan gedung perpustakaan seluas 160 meter persegi. Dirancang unik dengan dinding yang berupa susunan wadah bekas es krim, tempat itu menjadi salah satu perpustakaan tingkat kelurahan yang diresmikan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil pada September 2015 lalu.

Selepas waktu rehat tengah hari, Senin, 17 April 2017 misalnya, lima orang anak berusia pelajar Sekolah Dasar bergegas masuk. Alih-alih membaca buku yang berjejer di rak kayu, mereka berkumpul di sudut perpustakaan sambil mengeluarkan smartphone miliknya masing-masing.

Salah seorang di antaranya menancapkan kabel untuk mengisi baterai handphone. Rekan lainnya memasang earphone. Mereka pun langsung asyik berselancar di dunia maya. “Internetnya gratis, di sini juga tempatnya lebih adem,” kata salah seorang anak.

Devih mengakui kondisi seperti itu. Sebagian pengunjung terutama anak-anak lebih menyukai bermain Internet daripada membaca buku. Tempat itu memang menyediakan wi-fi gratis. Ia tengah mencari cara dan ketentuan baru bagi pengunjung agar datang untuk membaca buku.

Menurutnya, anak-anak perlu diwajibkan untuk membaca buku dulu sebelum bermain dengan Internet. Jaringan pun perlu dipasangi kata kunci. “Memang harus bertahap karena mereka tidak bisa dipaksa langsung untuk gemar membaca,” ujarnya.

Para pengunjung anak-anak berasal dari sekitar perpustakaan di wilayah Kelurahan Arjuna Kecamatan Cicendo itu. Dilansir dari Tempo.co


(ISHAK.SL)

Wow! Perpustakaan Berdinding dari Bahan Limbah Wadah Es Krim Wow! Perpustakaan Berdinding dari Bahan Limbah Wadah Es Krim Reviewed by Silo Langi on 4/19/2017 11:00:00 AM Rating: 5

No comments: