Tips Menghadapi Senior di Kehidupan Perkuliahan

Foto, UI.com
SILOLANGI, News, PALU - Di dalam kehidupan sosial manusia, di manapun itu; sekolah, kampus, bahkan dunia kerja, selalu ada yang namanya makhluk-makhluk yang lebih jago dari kita dalam hal apa pun. Jago dalam hal kemampuan, ilmu, atau sekadar jago dalam hal umur—lebih tua. Iya, di mana-mana pasti kita akan ketemu dengan yang namanya senior.
Meskipun di UI sedang diminimalisir banget yang namanya senioritas, tapi tetep aja pandangan junior terhadap seniornya adaaa aja yang “Wah, ada senior tuh, gimana dong gue takut!”

Yup, gak dipungkiri pasti ada beberapa junior yang masih takut-takut kalo ketemu senior, meski gak gigit. Hahahaha. Daripada pusing mikirin seremnya senior, mending kita baca dulu nih, anakui.com punya tips menghadapi senior di kehidupan perkuliahan!

Iya iya iya
Kadang mereka cuma butuh pengakuan sebagai senior
Kadang penyebab senior menjadi galak adalah mereka cuma butuh pengakuan sebagai senior. Mayoritas loh ya, gak semua. Meskipun banyak juga senior yang menganggap junior sama rata dengannya, kayak dianggep temen sendiri. Kalo kamu ketemu senior yang galak kayak gini, kamu cuma butuh iya-iya-iya aja kalo dia nyerocos ngalor ngidul nasehatin kamu dan sebagai macem. Pasti dia ngerasa dingertiin dan dipercaya sama juniornya sendiri. Sekali-kali ngalah gak apa lah, ya. Siapa tau ada hikmah atau beberapa hal yang bisa dipetik dari doi.

Duduk secara bergerombolan
Nah, siapa sih yang akan berani kalo lagi sendirian dan dihadapkan pada kawanan gerombolan? HAMPIR GAK ADA! Kecuali kalo gerombolan semut lawan satu buaya, sekali lep pasti langsung abis hehehehe *apa sih. Sama juga halnya dengan menghadapi senior. Misal kamu takutnya kebangetan mau ketemu atau berurusan sama senior, ajak aja temen-temen kamu baik sejurusan maupun sefakultas, sekampus juga boleh, dijamin senior kamu ini diem dan langsung to the point “Mau ngapain, sih?” Kelar deh urusan.

Traktir Dia
Teraktir walau duit pas-pasan via snowsdreams
Ini juga nih, siapa pun pasti luluh kalo dikasih sesuatu, apalagi ditraktir. Makanya, pada suatu momen di mana kamu dengan senior tersebut lagi awkward, sepik aja, “Kak gue mau minum nih, lo mau apa? Biar gue yang bayarin. Vodka gimana? Apa alkohol 99,99%?” Dijamin senior itu langsung seger lagi dan kamu dipuja-puja dalam hatinya. Kadang emang nyebelin, uang bisa bikin orang luluh.

Tiga Es
Gak usah takut sama serior yang punya muka galak via suaramahasiswa
Es batu, es krim, es duren. HEHEHE APA CI. Maksudnya di sini adalah Salam, Senyum, Sapa. Tiap ketemu senior baik yang dikenal maupun gak dikenal, baik yang kamu hapal mati namanya maupun gak tau sama sekali, sapa aja. Seengganya “Halo, Kak” dengan riang dan sumringah. Dijamin dia juga akan luluh dan ngerasa diperhatiin sama juniornya. Masalahnya digubris sama dia ya bodo amat, orang berbuat baik gak akan pernah salah kok.

Bawelin Aja
Bawelin sampe dia males ngobrol sama kamu
Banyak cara sih ya sebenernya buat menghadapi senior. Cara bawel ini juga bisa diterapkan kalo kamu emang anaknya demen banget nyerocos sana sini. Silahkan aja ngomong sepuas-puasnya kalo lagi bingung gak tau mau ngobrol apa sama senior ini, siapa tau kamu bisa menarik perhatiannya dan nemu satu topik yang nyambung, terus tatapan mata… turun ke hati deh. Halah.

Kepoin Dulu
Kepoin dulu aja
Karena tipe tiap orang itu beda-beda, kamu bisa ngepoin dulu nih si senior ini di media sosial biar tau apa sih preferences-nya dia, kan kalo udah tau mau ngobrol apa atau ngapa-ngapain jadi lebih ena. He. Sounds creepy sih emang, tapi ya cara pendekatan kayak gini bisa bikin si senior tersentuh hatinya, “Lo kok tau gue banget, sih? Cenayang, ya?”

Lawan
Kalo kelakuan senior ini udah di luar batas wajar, lawan aja via dekaderahma
Bertolak belakang dengan poin pertama di atas, kalo kelakuan senior ini udah di luar batas wajar (misal randomly nyuruh kamu ngobrol sama pohon pisang sampe dibales), lawan aja. Umur gak berarti apa-apa jika pemikirannya gak jauh lebih dewasa dari anak umur lima tahun yang tau kalo pohon itu gak bisa diajak ngobrol. Lawannya juga dengan cara yang berpendidikan ya, jangan asal tabok. Intinya sih tunjukkin kamu lebih berpendidikan dari senior itu kalo emang dia udah kelewatan.

Gimana? Gak membantu banget kan tips-tipsnya? Ya intinya ini bisa jadi gambaran kamu biar gak takut kalo menghadapi senior. Kalo sebenernya senior tuh pernah jadi junior, kalo sebenernya senior bukan makhluk halus untuk selalu ditakuti. Asal kamu tetap memegang teguh pada prinsip semboyan kita kalo yang lebih tua harus dihormati dan yang lebih muda harus disayang. Got the point? Dilansir dari UI.com

(Nabila.SL)

Tips Menghadapi Senior di Kehidupan Perkuliahan Tips Menghadapi Senior di Kehidupan Perkuliahan Reviewed by Silo Langi on 4/04/2017 04:26:00 PM Rating: 5

No comments: