Cara Menghadapi Teman Yang Suka Membully

Foto : Google Search

SILOLANGI News, PALU - Apa yang kamu lakukan ketika kamu tahu ada teman yang suka ngebully orang lain? Atau jangan-jangan, kamu sendiri yang jadi korban bully? Nggak enak juga kan jadi korban bully. Mau ngapain aja rasanya terbatas banget, takut kena bully sama teman kamu.
Nah, kali ini Loop punya beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi teman tukang bully. Mau tahu gimana? Langsung simak yang satu ini ya, Loopers!

Jangan ikutan tertawa

Siapa yang suka ikutan ketawa ketika ada yang ngebully kamu? Sebaiknya hentikan deh. Memang kamu bakal cenderung ketawa bareng sama teman-teman yang lain untuk meredakan ketegangan ketika jadi korban bully.

Tapi sayangnya, tertawa kamu ini membuat sang pembully merasa terdukung dan melakukan hal yang sama di kemudian hari. Cukup ungkapkan rasa nggak suka kamu dengan berekspresi cemberut, maka dia nggak akan mengulangi hal yang sama.

Beranilah

Kalo kamu jadi korban bully hingga kamu dipermalukan di depan umum, sebaiknya beranikan diri untuk mengungkapkan kalo kamu nggak suka diperlakukan seperti itu. Ambil nafas dalam-dalam untuk mengumpulkan keberanian kamu.

Kemudian, katakan kepadanya kalo kamu nggak suka digituin. Itu artinya kamu membela diri sendiri dan nggak membiarkan harga diri kamu terinjak-injak.

Curhat ke teman lain

Kamu pasti butuh bantuan, setidaknya dukungan dari orang lain. Oleh karena itu, kamu butuh curhat ke teman kamu. Ungkapkan perasaan kamu yang sebenarnya ke temanmu. Dengan begitu, bebanmu akan lebih ringan dan kamu juga akan dapat dukungan dari temanmu.

Lawan balik

Karena kamu udah berani mengungkapkan keburukan perlakuan dia ke kamu, saatnya kamu melawan balik. Ingat, bukan untuk balas dendam, tapi untuk menyadarkan dia kalo perlakuannya itu nggak baik.

Caranya, kalo dia ngejek kamu misalnya, kamu balas dia dengan kata “Oh, gitu”. Jangan lupa memberikan nada yang ketus. Dengan begitu, dia akan merasa enggan untuk mengejek kamu lagi karena nggak asyik.

Ungkapkan perasaan kamu sebenarnya

Nah, ini yang lebih penting dari semuanya. Temui dia baik-baik. Tanyakan ke dia kenapa dia selalu membully kamu. Ungkapkan kalo memang dia mengganggu kehidupan kamu. Jangan pernah mengungkapkan semua itu dengan emosi. Bicarakan baik-baik, pasti dia akan berhenti melakukan hal tersebut ke kamu.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika menjadi korban bully. Ya, gimanapun hasilnya nanti, yang penting kamu berani melawan balik pelaku bully itu. Dengan begitu, ketika kamu udah berani, dia nggak akan macam-macam lagi sama kamu. Dilansir dari Loop.co.id

(Nabila. SL)





Cara Menghadapi Teman Yang Suka Membully Cara Menghadapi Teman Yang Suka Membully Reviewed by sfs on 4/04/2017 12:19:00 PM Rating: 5

No comments: