Tensi Tinggi Pilkada Jakarta Jadi Perhatian Media Asing

Pilkada DKI Jakarta

SILOLANGI News, JAKARTA - Pemberitaan mengenai Pilkada Jakarta dalam rangka memilih Gubernur yang akan memimpin Ibu Kota dalam lima tahun ke depan tidak hanya menjadi
domain media nasional. Sejumlah media asing pun turut memberitakan hajat demokrasi rakyat Jakarta ini. Mereka menyoroti tingginya tensi politik di Ibu Kota Jakarta pada Pilkada kali ini.

BBC dalam pemberitaannya memberi judul 'Jakarta election: Tense run-off expected for governor post', untuk menggambarkan bagaimana tingginya tensi politik di Ibu Kota terkait pilkada.

"Para pemilih di Ibu Kota Jakarta saat ini tengah memilih gubernur setelah masa kampanye yang telah meningkatkan ketegangan agama dan ras," begitu tulis BBC, Rabu (19/4/2017).

Sementara Reuters menuliskan persaingan sengit antara calon petahana Basuki Tjahaja Purnama dengan mantan Menteri Pendidikan, Anies Baswedan, yang di dukung oleh kelompok Muslim. Reuters menyebut Pilkada DKI Jakarta menjadi ujian bagi demokrasi Indonesia yang masih muda dan catatan bagi toleransi beragama, di mana kedua belah pihak merasa khawatir dengan intimidasi dan kecurangan pemilih.

Sedangkan situs ABC Australia memilih untuk memberitakan pengerahan puluhan ribu aparat keamanan untuk mengamankan pilkada. Seperti diketahui, sebanyak 64 ribu polisi dan tentara dikerahkan untuk mencegah intimidasi.

ABC Australia juga mengutip pernyataan Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang memerintahkan anak buahnya untuk menghentikan masuknya massa dari luar Jakarta. "Mereka akan dianggap sebagai mobilisasi politik dan kami akan mengambil tindakan tegas," tulis ABC mengutip Tito Karnavian. Dilansir dari SINDOnews.com.

(Depur.SL)

Tensi Tinggi Pilkada Jakarta Jadi Perhatian Media Asing Tensi Tinggi Pilkada Jakarta Jadi Perhatian Media Asing Reviewed by sfs on 4/21/2017 05:00:00 PM Rating: 5

No comments: