Ber-sosmed-lah Dengan Sehat

Foto Ilustrasi sosmed
SILOLANGI News, PALU- Dunia telah berubah dan akan terus berubah, jarak antar daerah bahkan antar negara telah semakin dekat. Beberapa tahun lalu kita dibuat menganga dengan kehadiran televisi sebagai alat komunikasi dan informasi yang canggih. Namun sekarang? Kita bisa ikut andil dan berperan aktif dalam menyebarluaskan informasi yang kita punya kepada orang lain, sesuai kehendak kita.
Berbagai hal ditulis dan dibagikan oleh seseorang di media sosial, mulai dari opini, fakta, kritik, curhat, hingga aktivitas di kehidupan sehari-hari. Semua dilakukan setiap hari dengan bebas.
Nah, kalau semisal kita ingin memposting di media sosial, kita harus berhati-hati. Mengapa? Karena bisa jadi ada pihak lain atau orang lain yang merasa tersinggung atau bahkan sampai tersakiti, walaupun kita tidak menyadarinya.

Perhatikan etika kesopanan dan kesantunan, jangan sampai sembarangan. Selain itu, hendaklah berpikir dua kali ketika menuliskan sesuatu di media sosial, pikirkan baik buruknya dahulu, jangan sampai kebablasan. Berikut ini beberapa tips yang harus kamu perhatikan sebelum kamu memposting di media sosial.

1. Perhatikan emosimu
Biasanya kalau memposting di media sosial (atau medsos, atau sosmed) itu ketika suasana hati dalam keadaan tertentu, misal ketika sedih, galau, senang, bahkan saat marah. Nah, suasana marah ini yang harus kamu perhatikan, bahkan harus kamu hindari. Jangan sampai lantaran kamu nge-post dalam keadaan marah, orang lain jadi tersakiti karenamu. Bisa jadi, postingan kamu tadi langsung di-share oleh banyak orang, dan itu tentu tidak baik.

2. Tidak menyinggung orang lain
Sering kali sosial media digunakan untuk beropini, mengkritik, dan bahkan disalah gunakan untuk sengaja menyinggung orang lain. Hal ini sebaiknya dihindari, karena hal tersebut tidak baik dan bisa merugikan orang lain. Tentu saja, hal ini juga bisa merugikan kamu sendiri.

3. Jangan sampai merugikan diri sendiri
Media sosial dapat digunakan oleh kita, sesuai kehendak kita dan sebebas-bebasnya kita. Kebebasan itulah yang terkadang membuat orang menjadi kebablasan, tanpa disadari apa yang dia tulis dan bagikan di media sosial malah merugikan diri sendiri. Jadi, harus hati-hati jangan sampai malah mengundang orang lain untuk melakukan sesuatu yang tidak baik kepada kamu. Misal, kamu nge-share informasi pribadimu, contohnya nomor telepon, hal ini jangan sampai dilakukan karena bisa disalah gunakan oleh orang lain.

4. Bagikan hal yang bermanfaat
Sebelum membagikan sesuatu di media sosial, pikirkan terlebih dahulu apakah apa yang kamu posting itu bermanfaat atau tidak. Ada gunanya tidak untuk diketahui orang lain. Kalaupun ada gunanya, apakah penting atau tidak. Banyak kok hal-hal yang bermanfaat yang dapat kamu share, misal tips dan trik koding, memasak, tutorial, ataupun nasihat yang berguna bagi orang lain.

5. Kebenaran nomor satu
Jangan sampai kita membagikan sesuatu yang belum jelas kebenarannya, dan lebih bahaya lagi kalau sesuatu yang kamu share tadi malah di-share lagi oleh orang lain. Pastikan dulu kebenarannya agar kamu tidak sembarang kirim yang akhirnya bisa menjadi fitnah kepada orang lain.

Memang, media sosial merupakan suatu teknologi yang saat ini berkembang pesat di seluruh dunia. Tidak ada larangan untuk kamu menggunakannya. Tetapi jangan lupa, ber-sosmed-lah dengan sehat, dan berhati-hatilah sebelum bertindak. Di lansir dari Adamfahmil96.blog
Sekian~

(Nabila.SL)

Ber-sosmed-lah Dengan Sehat Ber-sosmed-lah Dengan Sehat Reviewed by sfs on 4/13/2017 04:09:00 PM Rating: 5

No comments: