Home

Home, sebenarnya sebuah kata Inggris yang susah dicarikan padanannya dalam Bahasa Indonesia. Dalam kamus mungkin kita akan menemukan terjemahan “Rumah”. Namun rumah dalam bahasa Inggris juga berarti House.

House dan Home dalam bahasa Inggris tentulah memiliki makna berbeda. House adalah bangunan rumah di mana tuannya dapat beristirahat setelah lelah beraktifitas seharian atau bernaung saat hujan. Sementara Home adalah tempat di mana seseorang tidak merasa asing, tempat di mana ia nyaman, tenang, dan tentram. Singkatnya House adalah bangunan tempat bernaung tubuh, Home adalah tempat bernaung jiwa.

Sejak berdiri 7 tahun silam, LPM Silo Langi telah menjadikan sekretariat sebagai House sekaligus Home. Di bangunan sederhana itu, semua alat perlengkapan dan hasil kreatifitas dinaungkan. Dalam naungan tempat itu pula jiwa dan roh lembaga ini bersemayam, mengolah ide untuk diwujudkan.

Saat lembaga ini menerima kabar rencana penggusuran dari pihak fakultas. Letupan emosi campur aduk berkecamuk. Marah, jengkel, sedih, putus asa, pasrah.

Beberapa lembaga yang senasib resah, bibit perlawanan pun mulai tampak. Sebagai lembaga Pers, Silo Langi sadar posisi dan memutuskan sikap untuk tidak menempuh perlawanan frontal. Menjelang batas waktu yang diberikan oleh fakultas untuk pindah, lembaga ini kian gencar mendandani “Rumah”, memainkan properti-properti sederhana dan simbol-simbol.

Perubahan adalah sebuah keniscayaan, itulah keyakinan lembaga ini. Jika perubahan itu untuk kebaikan maka tidak ada alasan bagi lembaga ini untuk menolak. Perubahan berjalan seiring dengan kehidupan, jika bertahan maka hidup akan menggilasnya.












___
10 April 2014

Home Home Reviewed by silo langi on 4/11/2014 07:33:00 PM Rating: 5

1 comment: