Lengkapi Berkasmu, Beasiswa Morowali Kembali Hadir

Foto by: Pemerintah Morowali/“Surat Edaran Pemerintah Kabupaten Morowali tentang pemberitahuan mengenai beasiswa dari pemkab Morowali ”


Beasiswa Morowali merupakan beasiswa yang dikhususkan untuk para mahasiswa yang berasal dari Morowali. Pendaftarannya selalu dibuka setiap satu tahun sekali. 



Beasiswa ini merupakan program yang dibuat oleh Bupati Morowali sebelumnya yaitu Bapak Dr. H. Anwar Hafid, M.Si. yang kemudian dilanjutkan oleh Bupati Morowali sekarang yaitu Bapak Drs.Taslim. Tahun 2023 ini, kembali di buka pendaftaran melalui surat edaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Morowali nomor 846/831/DISDIKBUD/2023 tertanggal 05 juni 2023.



Pendaftaran beasiswa ini terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap I, II dan III. Tahap pertama dibuka pada tanggal 03 Juli S.d 18 Agustus 2023, tahap kedua dibuka pada tanggal 21 Agustus S.d 22 September 2023 dan tahap ketiga dibuka pada tanggal 25 September S.d 21 Oktober 2023. Penerimaan beasiswa ini juga terbagi menjadi dua, yaitu Penerimaan Bantuan Biaya Pendidikan Mahasiswa Kurang Mampu dan Penerimaan Bantuan Biaya Pendidikan Mahasiswa Prestasi. 



Dalam pengumpulan berkas, tentu saja ada perbedaan. Pada bantuan beasiswa kurang mampu, harus dicantumkan surat kurang mampu dari Dinas Sosial Daerah Kabupaten Morowali, sedangkan pada bantuan beasiswa mahasiswa prestasi, harus dilengkapi dengan Surat Keterangan Berprestasi yang ditandatangani langsung oleh Wakil Dekan.



Dengan adanya beasiswa ini, sangat membantu para mahasiswa yang berasal dari Morowali itu sendiri, terutama bagi para mahasiswa yang tidak mendapatkan beasiswa apapun sebelumnya, contohnya seperti KIP kuliah.



Winda, salah satu mahasiswi Morowali dari program studi Bimbingan dan konseling mengatakan bahwa ia cukup terbantu dengan adanya beasiswa ini, walaupun jumlahnya tidak banyak.



"Beasiswa Morowali ini cukup membantu, walaupun tidak banyak dan hanya untuk uang UKT nya saja, saya sudah bersyukur" ungkapnya.



Sementara itu, Wahyuli dari program studi Bahasa dan Sastra Indonesia mengatakan bahwa beasiswa ini cukup membantu dan ia juga memberikan saran kepada pemerintah daerah Morowali terkait pembebasan UKT bagi mahasiswa.



"Beasiswa Morowali yang diadakan oleh pemerintah ini sudah cukup membantu mahasiswa dalam memenuhi keperluan terutama bagi anak petani, nelayan dan juga adil untuk anak berprestasi namun memiliki perekonomian yang terbilang mampu. Namun, bila pemerintah memerlukan saran tentang beasiswa daerah, maka saya memiliki saran bahwa selain beasiswa tidak mampu juga beasiswa prestasi dalam daerah akan lebih baik lagi bila adanya Beasiswa pembebasan UKT, maksudnya Pemerintah memberikan beasiswa berupa UKT yang dibayarkan dari daerah" tuturnya.



Penulis: Nismawati, SL

Editor: Andi Ikbal, SL

Lengkapi Berkasmu, Beasiswa Morowali Kembali Hadir Lengkapi Berkasmu, Beasiswa Morowali Kembali Hadir Reviewed by Silo Langi on 6/26/2023 01:57:00 PM Rating: 5

No comments: