Nimbus Data Keluarkan SSD Berkapasitas 100 TB





SILOLANGINews, USA - Samsung sebelumnya mengklaim bahwa ia akan memiliki 100TB SSD yang tersedia apa data tahun 2020, namun baru genap sebulan sejak Samsung meraih posisi “raja” dengan SSD berkapasitas 30 TB, kini tahta tersebut sudah direbut oleh salah satu kompetitornya, yaitu Nimbus Data. Perusahaan asal Amerika Serikat ini merilis SSD bertajuk Exa Drive DC100, sebuah harddisk 3,5 inci dengan kemampuan menyimpan data hingga 100 TB.

Tidak hanya menjadi SSD dengan kapasitas terbesar, Nimbus Data juga mengklaim bahwa produk mereka kali ini juga yang memiliki efisiensi konsumsi energi paling baik. Disebutkan bahwa Exa Drive DC100 hanya mengkonsumsi energy sebesar 0,1 Watts untuk setiap 1TB, lebih rendah 80-90 persen dibandingkan yang ada di pasar.Untuk interface, ExaDrive DC100 hadir dengan port SATA dan SAS sehingga bias dipergunakan layaknya HDD. Research Vice President of Storage IDC Eric Burgener menuturkan bahwa inovasi ini akan sangat berdampak positif bagi platform yang mendukung tren big data saat ini.

Mengingat aplikasi yang dimaksudkan, Exa Drive juga dirancang untuk mengkonsumsi daya 85 persen lebih sedikit per TB penyimpanan, dan ukurannya yang kecil merupakan masalah besar bagi pelanggan perusahaan karena memungkinkan mereka untuk menyesuaikan lebih banyak drive di rak server, mengurangi jumlah ruang mereka mengambil, serta tagihan pendingin. Nimbus mengatakan bahwa rak standar yang dipasangi drive-nya akan  menyimpan lebih dari 100 peta byte (1 petabyte = 1.000 TB).

Nimbus Data menargetkan Exa Drive DC100 untuk instalasi server  dari pada penggunaan computer rumahan. Ini terlihat dari kecepatan transfer datanya yang tidak begitu tinggi, hanya 500 MB/detik. Sekadar perbandingan, SSD milik Samsung sebelumnya dapat mencapai kecepatan baca hingga 2.100 MB/detik.

Dari segi harga sendiri belum ada angka pasti. Tapi Nimbus Data menyatakan bahwa banderolnya akan sebanding dengan kapasitas penyimpanannya, sesuai standar harddisk  kelas enterprise. Artinya harga SSD ini bisa mencapai Rp100-200 juta atau lebih.

Achmad. SL (Sumber: Jagatreview.com)

Nimbus Data Keluarkan SSD Berkapasitas 100 TB Nimbus Data Keluarkan SSD Berkapasitas 100 TB Reviewed by silo langi on 3/29/2018 04:12:00 PM Rating: 5

No comments: