Buat para mahasiswa


Google, mahasiswa
SILOLANGINews,PALU- Menjadi mahasiswa yang cerdas, aktif, dan berprestasi adalah Impian semua mahasiwa. mahasiswa yang cerdas itu banyak, yang aktif dan yang cerdas juga banyak. Tapi apakah mahasiswa yang memiliki ketiga hal ini juga banyak? Jawabanya tentu saja tidak. Karna ketiga hal ini merupakan sesuatu yang dapat menjadikan mahasiswa itu sangat istimewa di segala hal.
Untuk menjadi mahasiswa yang sukses biasanya hanya diukur dari sisi akademisnya seperti IPK yang tinggi, ataupun menjadi lulusan tercepat dan termuda. Tapi dalam kenyataan yang sebenarnya ternyata menjadi seorang mahasiswa yang sukses bukan hanya di ukur dari hal tersebut, melainkan ada factor lain untuk menjadi mahasiswa yang Cerdas, Aktif, dan Berprestasi.
Nah buat mahasiswa yang ingin cerdas, aktif, dan juga berprestasi. Kamu bisa memahami hal berikut agar dapat menjadi mahasiswa yang sukses dan memiliki ketiga hal ini dalam diri kalian. Tips ini juga bukan hanya membantu kalian di dunia perkuliahan tapi juga bisa menjadi bekal kalian para mahasiswa untuk kembali dilingkungan masyarakat.
Apa saja faktor atau tips yang bisa mencapai seorang mahasiswa Cerdas, Aktif dan Berprestasi? Ini dia.
1. Ikut Organisasi
Tips pertama, ikut dan berbaur dalam organisasi. Dengan ikut berorganisasi, menjadi hal yang wajib dilakukan oleh mahasiswa sukses. Mengapa? kerena dengan mengikuti organisasi, kamu akan mendapatkan nilai tamba dibandin teman-teman yang pasif. Tidak hanya satu saja, kamu bahkan bisa mengikuti lebih darui satu organisasi yang ada di kampus, yang penting kewajibanmu sebagai mahasiswa jangan sampai terbengkalai karena terlalu aktif di organisasi.
Dengan mengikuti organisasi, kemampuanmu bisa terasah dalam berbicara depan umum, menyampaikan pendapat, berdikusi, bahkan membentuk jati diri. So, bukan hanya keuntungan untuk kampus saja, banyak hal yang bisa kamu dapatkan baik untuk diri sendiri maupun orang lain.
2.Aktif di dalam Kelas
Selain aktif di organisasi, jangan lupa untuk menjalankan kewajibanmu di kelas. Jangan sampai aktif di organisasi, nilai akademikmu rendah. Dengan cara aktif dikelas akan menambah nilai menjadi mahasiswa cerdas. Banyak yang beranggapan bahwa ketika ada  mahasiswa yang bertanya mengenai materi yang sedang disampaikan dari dosen, ia dianggap tidak mampu memahami materi atau bodoh. Padahal, tidak semua seperti itu. Tujuan aktif dikelas atau sering bertanya jangan kamu ambil kesempatan untuk mencari perhatian dosen, melainkan harus benar-benar tujuannya untuk memahami materi yang didapat.

3. Rajin Eksplorasi
Mulailah melakukan eksplorasi untuk bakat yang masih kamu pendam atau bahkan mencari minta baru? dari bakat inilah kamu bisa mengikuti berbagai perlombaan baik yang diselenggarakan pihak kampus atapun luar kampus. Bahkan tidak menutup kemungkinan saat ada event kampus, kamu diundang untuk mengisi acara sehingga tidak hanya orang terdekat saja yang mengetahui bakatmu, orang se kampus bisa saja mengenalimu.

4. Banyak Membaca Buku
Masih ada yang beranggapan bahwa membaca buku sudah tidak jaman? jamannya elektronik? eits tunggu dulu sob, sebenarnya membaca buku itu merupakan salah satu hal yang wajib untuk mahasiswa sukses karena akan membuka jendela wawasan yang menghubungkan kita dengan dunia. Bahkan jika tidak percaya, kamu bisa membuktikan dengan banyak membaca, komunikasi dengan orang lain akan nyambung lho apapun materinya.

5. Manajemen Waktu
Mengatur waktu adalah hal yang penting saat kamu kuliah. Untuk menjadi mahasiswa sukses bukan berarti berhasil menyeimbangkan antara keaktifan dikampus dengan nilai akademik, melainkan jika tidak bisa mengatur waktu kamu hanya akan berjalan semaunya sendiri. Satu hal lagi, karena terlalu aktif di organisasi, kamu lupa akan sosialisasi dengan lingkungan sekitar yang kamu tempati misal kost-kostan, kontrakan, dll.

Itulah kiranya ada 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk mencapai mahasiswa cerdas aktif dan berprestasi. Satu hal lagi yang terahir, jangan lupa berdoa dan optimis akan tujuan yang akan kamu capai. Sumber OKEZONE.com

(Rahma SL)

Buat para mahasiswa Buat para mahasiswa Reviewed by Silo Langi on 12/05/2017 11:28:00 AM Rating: 5

No comments: