Biografi Mahfud Md, Terus Mengalir


Dok.SilolangiNews
Jika diibaratkan sebuah toko, MahFud MD adalah toko serba ada. Ia adalah sosok yang "lengkap", yang memiliki semua sifat dan pengalaman yang dibutuhkan dari seorang pemimpin. Ini bukan ngecap. Hal itu dibuktikan oleh rekam jejak perjalanan karier Mahfud. Jika mengacu pada trias politica yang dicetuskan john Locke, Mahfud pernah mengisi semua posisi dalam cabang'cabang kekuasaan itu. Di cabang eksekutif ia pernah menjadi Menteri Pertahanan, di cabang legislatif ia pernah menjadi anggota DPR, lalu di cabang yudikatif ia juga menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi.

Semua jabatan itu tentu tidak diraih dengan kebetulan. Pada mulanya, Mahfud adalah seorang dosen di perguruan tinggi swasta di Yogyakarta, yang jauh dari hiruk pikuk politik Jakarta. Ia sama sekali tidak pernah bermimpi menjadi menteri, karena ia tak punya lobi dan upeti. Tetapi, Mahfud mengalir bagai air. Prestasinya berbicara sendiri, sehingga Presiden Gus Dur mampu melihat kekuatan karakter dan keilmuan Mahfud yang tak dimiliki sosok lain. Pilihan Gus Dur tak keliru, karena sejak saat itu Mahfud muncul sebagai sosok yang diperhitungkan dalam peta politik di Indonesia, hingga kini.

Melawan ketidakadilan adalah benang merah perjalanan hidupnya yang terangkum dalam buku Biograji Mahfud MD, Terus Mengalir. Semenjak kecil ia sudah menyimpan luka politik ketika ayahnya ditahan garagara memilih NU dalam pemilu. Pilihannya pada dunia hukum pun didasari harapan hukum bisa menciptakan keadilan. Tak banyak yang tahu, sosok pendobrak ini sebenarnya adalah seorang pemalu. Terlahir dari kultur NU dan tumbuh di lingkungan Muhammadiyah membentuknya saat ini sebagai sosok yang unik dan komplet.

SL

Biografi Mahfud Md, Terus Mengalir Biografi Mahfud Md, Terus Mengalir Reviewed by silo langi on 11/03/2017 03:44:00 PM Rating: 5

No comments: