Perburuan


Foto.Rusli
SilolangiNews, FKIP Untad- "Novel pendek pramoedya Ananta Toer-ditulis semasa ia di dalam penjara-memaksa kiata menginagat-ngingat terus bahwa kebebasan tidak bisa dianggap gampang saja datang dengan sendirinya. PERBURUAN memiliki segala kewenangan yang sah dari seorang yang mampu bertahan, dan mengandung sebanyak-banyak kebenaran semampu kita memilikinya."

"Tidak, ini bukan sebuah roman aksi, pemberontakan, kepahlawanan, perjuangan dan kemenangan dalam arti militer politik. dia lebih merupakan kisah pencerminan diri. tokoh utamanya sesuda melancarkan pemberontakan, kemudian secara khas jawa bertapa mengekang diri dengan ketat, dan dalam meditasinya itu sampailah ia kepada suatu wawasan yang lebih luhur; ia menemukan kaidah-kaidah untuk diri sendiri dan orang lain dengan nama hidup dan perbuatan setiap insan harus di uji.....

kemurnian dan kesempurnaan mutlat tidak mungkin dicapai, tetai ini tidak berarti perjuangan itu sia-sia, dan tidak berarti pula harus pasrah saja pada segala kegilaan zaman edan..."

"Indonesia di bawah pendudukan brutal jepang selama Perang Dunia Ke-II merupakan setting novel yang menggeletarkan ini.... Alur kisahnya-sebuah ramuan cinta eksplosif, penghianatan, kolaborasi dan balas dendam-menjadi-jadi ironinya oleh kenyataan bahwa jepang sudah tinggal beberapa hari saja akan menyerah kepada sekutu. Prosa ini penuh kegemilangan, musikal, akan tetapi sekeras pecahan granat.... Anti-kolonial akan tetapi non-didaktik, kisah menggemparkan ini merupakan penjabaran berbagai kwalitas dan aktivitas tragedi hidup pribadi-pribadi tak terhitum jumlahnya yang lebur mendeku oleh perang dan penguasaan,"

Jika kalian ingin membaca bukunya, silahkan datang ke Pustaka Merah Biru LPM Silo Langi FKIP Untad.

(R.SL)

Perburuan Perburuan Reviewed by Silo Langi on 8/14/2017 04:41:00 PM Rating: 5

No comments: